Afrika Akan Bebas dari Polio

Poliomielitis, atau "polio liar" adalah penyakit sangat menular
Sarah Fiba - Dunia,Selasa, 25-08-2020 19:32 WIB
Afrika Akan Bebas dari Polio
(AFP)

Nusantaratv.com- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan memberikan sertifikasi pada Selasa (25/8/20) bahwa benua Afrika bebas dari polio liar, empat tahun setelah kasus terakhir muncul di timur laut Nigeria.

"Berkat upaya tanpa henti dari pemerintah, donor, petugas kesehatan garis depan dan masyarakat, hingga 1,8 juta anak telah diselamatkan dari kelumpuhan seumur hidup yang melumpuhkan," kata WHO dalam sebuah pernyataan.

Pengumuman resmi dijadwalkan pada pukul 3 sore GMT dalam sebuah konferensi video dengan direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dan tokoh-tokoh penting termasuk dermawan dan pendiri Microsoft Bill Gates.

"Kebahagiaan adalah pernyataan yang meremehkan. Kami telah mengikuti maraton ini selama lebih dari 30 tahun," kata Tunji Funsho, seorang dokter Nigeria dan koordinator anti polio lokal untuk Rotary International.

Dia mengatakan itu menandai langkah penting dalam pemberantasan total penyakit di tingkat global.

Ini pencapaian yang nyata, saya merasakan kegembiraan dan kelegaan pada saat bersamaan, tambahnya.

Poliomielitis, atau "polio liar" adalah penyakit sangat menular dan menyerang sumsum tulang belakang dan menyebabkan kelumpuhan permanen pada anak-anak.

Itu endemik di seluruh dunia sampai vaksin ditemukan pada 1950-an, meskipun ini tetap di luar jangkauan banyak negara miskin di Asia dan Afrika.

Hingga tahun 1988, WHO menghitung 350.000 kasus secara global, dan pada tahun 1996 mengatakan ada lebih dari 70.000 kasus di Afrika saja.

Berkat upaya global kolektif dan dukungan keuangan yang jarang terjadi - sekitar $ 19 miliar selama 30 tahun - hanya Afghanistan dan Pakistan yang mencatat kasus tahun ini: total 87 kasus.-AP

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
1
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1