45 Juta Orang di Afrika Kelaparan Karena Teror Corona

Zimbabwe adalah negara yang paling parah terkena dampak
Sarah Fiba - Dunia,Selasa, 08-09-2020 16:54 WIB
45 Juta Orang di Afrika Kelaparan Karena Teror Corona
(Reuters)

Nusantaratv.com- Diperkirakan 45 juta orang di Afrika bagian selatan rawan pangan, dengan jumlah orang tanpa akses ke makanan yang terjangkau dan bergizi yang memadai naik 10% dari tahun lalu, Program Pangan Dunia mengatakan pada Senin (7/9/20).

Pandemi COVID-19, ditambah dengan perubahan iklim dan kesulitan ekonomi di beberapa negara, adalah penyebab utama kerawanan pangan, kata organisasi bantuan internasional dalam webinar yang diselenggarakan oleh Asosiasi Koresponden Asing Afrika Selatan.

Zimbabwe adalah negara yang paling parah terkena dampak, dengan jumlah orang yang rawan pangan diperkirakan akan mencapai 8,6 juta pada akhir tahun ini, direktur Program Pangan Dunia di Afrika selatan, Lola Castro, mengatakan.

"Kami akan melihat tingkat kerawanan pangan yang tidak pernah kami lihat selama bertahun-tahun, di 13 dari 16 negara di kawasan itu, "kata Castro.

"Kami memiliki penyebab kronis yang kami ketahui dengan baik, dan pada dasarnya sebagian besar terkait dengan guncangan iklim kekeringan, banjir, atau topan besar," kata Castro.

Dia mengatakan COVID-19 adalah keadaan darurat tambahan yang sangat merugikan mata pencaharian banyak orang miskin di wilayah tersebut. Penguncian telah membuat banyak orang menganggur, meningkatkan kerawanan pangan, katanya.

Banyak petani, terutama wanita, telah sangat terpengaruh oleh COVID-19 dan dampaknya terhadap produksi pangan, kata penasihat kemanusiaan ActionAid Afrika, Chikondi Chabvuta.

"COVID-19 mengungkap kelemahan sistematis yang ada dari kebijakan regional yang dimaksudkan untuk mengembangkan ketahanan pangan yang tangguh," kata Chabvuta.

"Ini termasuk ketergantungan pada impor untuk produksi pertanian untuk pasokan pangan."-yahoonews

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0