Duh! Kerugian Masyarakat akibat Investasi Bodong Capai Rp 114,9 Triliun

Tongam mengatakan kerugian tersebut berasal dari korban-korban investasi bodong yang melapor. Padahal banyak juga masyarakat tidak melapor ke pihak berwenang. 

OJK pantau praktik investasi bodong yang merugikan masyarakat/ist

Jakarta, Nusantaratv.com-Meski telah banyak yang menjadi korban, namun kenyataannya masyarakat masih saja kena tipu investasi ilegal atau investasi bodong. Bahkan, nilai kerugian yang diderita masyarakat akibat tertipu investasi bodong sangat besar mencapai Rp114,9 triliun.

Fakta miris seputar investasi bodong tersebut diungkapkan Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing.

“Kalau kita lihat kerugian 10 tahun terakhir akibat investasi ilegal mencapai Rp 114,9 triliun,” ungkap Tongam, Jumat (26/2).

Tongam mengatakan kerugian tersebut berasal dari korban-korban investasi bodong yang melapor. Padahal banyak juga masyarakat tidak melapor ke pihak berwenang. 

Tongam membeberkan  jumlah investasi bodong yang banyak terlapor adalah layanan pinjaman digital atau peer to peer lending ilegal, kemudian pegadaian ilegal yang diduga mencapai ribuan aduan. 

Berkaca dari fakta tersebut, Otoritas Jasa Keuangan meminta agar masyarakat waspada 
dalam memutuskan mengambil penawaran investasi yang menggiurkan. Harus diteliti, apakah aplikasi atau perusahaan tersebut terdaftar di OJK atau tidak.

“Apa yang kita bisa pelajari dari data ini adalah perlunya kewaspadaan masyarakat agar tetap menjaga dan tidak mudah tergiur dengan penawaran-penawaran investasi ilegal ini,” tukasnya.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK