Duh! 29 WNI Terpapar Covid-19 di India

Miirisnya dalam kondisi darurat covid-19 saat ini warga masih berkerumun mengikuti kampanye politik

Darurat covid-19 di India/ist

New Delhi, Nusantara TV-Penyebaran pandemi covid-19 di India semakin tak terkendali. Data terakhir menunjukkan jumlah total kasus positif covid-19 di negara tersebut telah melampuai 18 juta kasus. Dari jutaan orang yang terinfeksi virus corona di India, 29 di antarannya adalah warga negara Indonesia (WNI). 

Informasi tersebut disampaikan oleh Hanafi, Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Indonesia di New Delhi.

"Hingga saat ini kami kami mencatat ada 750 orang WNI yang tersebar di 18 negara bagian di India," kata Hanafi dikutip dari detik, Kamis (29/4/2021).

"Dari komunikasi KBRI New Delhi dan KJRI Mumbai diperoleh informasi bahwa saat ini 29 di antaranya sedang positif covid-19 dan hampir semua isolasi mandiri di rumah dengan gejala asimptomatis dan ringan," imbuhnya. 

Warga Indonesia yang tinggal di India kebanyakan tinggal di negara bagian Maharastra (yang beribu kota Mumbai) dan di New Delhi.

Sebagian lainnya tinggal di Karnataka (dengan ibu kota Bangalore) dan Tamil Nadu (dengan ibu kota Chennai).

Baca juga: Covid-19 Bikin RS Lumpuh, Warga India Cari Obat di Pasar Gelap

"Yang kita tahu WNI di India saat ini yang bisa dibilang terbanyak adalah Ibu rumah tangga (yang menikah dengan WN India) diikuti dengan mahasiswa baik beasiswa maupun biaya sendiri," papar Hanafi.

"Saat ini masih ada juga yang bekerja di berbagai perusahaan, namun jumlahnya tidak besar," tambahnya.

KBRI di India mengimbau kepada WNI yang tinggal di India, terutama mereka yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri dua pekan lagi untuk menghindari kerumunan.

"Selain tidak diadakan di KBRI/KJRI, masyarakat juga diimbau untuk menghindari kerumunan termasuk ibadah salat ied di luar KBRI/KJRI walaupun hampir dipastikan acara di luar juga tidak ada karena pembatasan yang dilakukan Pemerintah India," kata Hanafi.

Sementara itu, lonjakan kasus positif covid-19 di India masih terus terjadi. Dilaporkan pada Kamis (29/4/2021) terjadi penambahan kasus positif covid-19 sebanyak 379.257 kasus baru dengan 3.645 kematian. Angka kematian tertinggi dalam satu hari sejak pandemi dimulai.

Darurat covid-19 di India telah membuat sistem kesehatan di negara tersebut ambruk. Rumah sakit-rumah sudah kehabisan ruangan untuk perawatan dan stok oksigen pun semakin menipis. Di negara bagian Gujarat para pasien covid-19 terpaksa dirawat di masjid. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK