Ducati Tarik XDiavels Gegara Standar Samping

Penarikan Kembali Ducati XDiavel Rencananya Akan Dimulai Pada 15 Maret 2021.

Ducati XDiavel. (Istimewa)

Nusantaratv.com - Ducati Amerika Utara (North America) melakukan penarikan kembali (recall) untuk motor cruiser mereka, yakni Ducati XDiavel. Produk tersebut mengalami masalah di bagian standar samping.

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), seperti dikutip Rideapart, Jumat (26/2/2021), mengungkapkan sekitar 2 persen dari 1.601 unit Ducati XDiavel, yang dipasarkan di Amerika Utara mengalami masalah di bagian standar samping.

Disebutkan standar samping itu diyakini lemah dalam menopang beban motor, sehingga dikhawatirkan akan mudah jatuh. Seluruh varian yang ada di Ducati XDiavel, yakni XDiavel S dan XDiavel STD yang diproduksi mulai 2016-2018. 

NHTSA mengatakan upaya penarikan kembali merupakan informasi dari Ducati. Ducati sendiri pernah mendapatkan laporan atas gagal fungsinya standar samping Ducati XDiavel. Dari situ mereka kemudian melakukan penelitian dan menemukan fakta, dimana seiring waktu penggunaan, standar samping Ducati XDiavel mengalami penurunan kemampuan menopang motor. 

Hal ini terjadi karena tekanan yang sangat besar dari bobot motor yang ditopang oleh standar samping tersebut. Dalam contoh kasus yang ekstrim lagi, standar samping itu akan patah jika dipaksa atau dibiarkan untuk digunakan menopang motor besar itu.

Dikhawatirkan pada saat standar samping patah dan pengendara motor itu masih ada di atas jok maka akan terjadi cedera. Namun, Ducati tidak menyebutkan apa penyebab kegagalan kerja standar samping itu.

Apakah terjadi akibat proses produksi atau memang karena material hingga komponen pembuatan standar samping yang tidak mendukung bobot dari Ducati XDiavel? Kendati demikian, sejauh ini Ducati belum menerima laporan adanya korban cedera akibat kegagalan pada standar samping tersebut.

Penarikan kembali itu rencananya akan dimulai pada 15 Maret mendatang. Perusahaan akan memanggil semua pengguna Ducati XDiavel. Namun, Ducati tidak mengungkapkan apakah masalah yang sama juga terjadi bagi Ducati XDiavel yang dipasarkan di negara lain, termasuk Indonesia.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK