Ditemukan Lagi 4 Kasus Varian Baru Covid-19 di RI

ilustrasi varian baru covid-19/ist

Jakarta, Nusantaratv.com-Setelah dua kasus sebelumnya di Karawang, Kementerian Kesehatan kembali menemukan 4 kasus varian baru covid-19 atau varian B117 Inggris. 

4 kasus baru  varian baru covid-19 tersebut ditemukan  di Palembang, Sumsel (1 kasus) pada 11 Januari, Kalimantan Selatan (1 kasus) pada 6 Januari, Balikpapan, Kaltim (1 kasus) pada 12 Januari dan Medan, Sumut (1 kasus) pada 28 Januari.

"Untuk varian baru, di luar 2 kemarin (2 kasus Karawang) itu, hasil kerja sama lab Kemenkes dengan BRIN sudah menemukan 4 lagi," Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Senin (8/3/2021).

Menkes lebih lanjut menjelaskan 4 kasus tersebut sudah menjalani tes genom dan dipastikan bahwa strain virus tersebut berasal varian B117 dari Inggris. Para pasien yang tertular varian baru covid-19 sudah sembuh dan keluar dari Rumah Sakit.

Baca juga: Muncul Lagi Varian Baru Covid-19 di Inggris, Bisa Kalahkan Imunitas Setelah Divaksin 

"Tindak lanjut sedang melakukan surveilans kontak erat dan dikejar agar dites," ujar Menkes.

Diketahui, sebelumnya Kemenkes telah menemukan 2 kasus varian baru Covid-19. Kedua pasien merupakan warga Karawang yang baru saja pulang dari Arab Saudi.  

"Dari dua kasus pertama dari Arab Saudi yakni kasus Karawang, semua kontak erat dites dan semua negatif," pungkas Budi.

Sejak pertama kali ditemukan di Inggris, para ahli telah mewanti-wanti agar lebih waspada. Pasalnya, berdasarkan penelitian varian baru covid-19 memiliki daya tular lebih cepat. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK