Darurat Covid-19! WHO Desak Indonesia Perketat PSBB

Dalam sepekan terakhir terjadi lonjakan kasus positif covid-19 di sejumlah provinsi di Pulau Jawa

WHO/ist

Jakarta, Nusantara TV-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak Indonesia untuk memperketat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Desakkan disampaikan sehubungan dengan lonjakan kasus covid-19 di Tanah Air yang dipicu oleh varian-varian baru virus Corona. 

WHO memberi catatan khusus perihal peningkatan keterisian tempat tidur di rumah sakit atau Bed Occupancy Ratio (BOR). Kondisis ini telah menjadi kekhawatiran besar, dan memerlukan penerapan langkah-langkah kesehatan dan sosial masyarakat yang lebih ketat, termasuk PSBB.

"Dengan meningkatnya penularan karena variants of concern, diperlukan tindakan segera untuk mengatasi situasi di banyak provinsi," kata WHO dikutip dari detik, Jumat (18/6/2021).

Pada pekan ini terjadi lonjakan kasus positif covid-19 di provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. 

Baca juga: WHO Naikan Level Covid Varian India Jadi "Ancaman" Dunia

Sebelumnya, Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengungkapkan tiga varian baru Corona telah ditemukan di wilayah Jakarta. Tiga varian tersebut adalah Alpha, yang ditemukan pertama kali di Inggris; Beta di Afrika Selatan; dan terakhir, varian Delta di India.

Kasus covid-19 di Indonesia telah menembus angka 1,9 juta dengan 53.700 kematian, jumlah korban tertinggi di Asia Tenggara. Angka-angka itu dianggap lebih kecil dari angka sebenarnya karena kurangnya pengujian yang meluas.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK