Darurat Covid-19! Masjid-masjid di India Jadi Tempat Perawatan Pasien

Kementerian Kesehatan India melaporkan pada Rabu (28/4/2021) terjadi 360.960 kasus covid-19 dengan 3.293 kematian dalam sehari. 

Masjid digunakan sebagai tempat perawatan pasien covid-19 di India/ist

Gujarat, Nusantara TV-Lonjakan kasus terinfeksi covid-19 di India telah membuat sistem kesehatan di negara tersebut ambruk. Rumah sakit- rumah sakit di India telah kehabisan tempat tidur dan ruang perawatan. Bahkan stok oksigen yang sangat dibutuhkan untuk menolong pasien covid-19 juga dilaporkan menipis. 

Dalam situasi berat ini, kelompok dan warga Muslim di India mengulurkan tangan untuk membantu para pasien kritis yang membutuhkan pasokan oksigen dan tempat tidur untuk perawatan.

Kelompok dan warga Muslim di India dilaporkan mengubah masjid-masjid setempat menjadi fasilitas perawatan pasien Corona. Salah satunya Masjid Jahangirpura di kota Vadodara, Gujarat. Masjid tersebut diubah menjadi fasilitas dengan 50 tempat tidur untuk merawat pasien yang terinfeksi Corona

"Situasi covid-19 di kota ini tidak baik dan orang-orang tidak kebagian tempat tidur di rumah sakit, jadi kami memutuskan untuk membuka fasilitas untuk membantu orang-orang," tutur Irfan Sheikh, yang merupakan pengurus masjid tersebut dikutip dari detik, Rabu (28/4/2021).

Baca juga: Covid-19 Mengganas di India, 5 Hari Berturut-turut Terjadi Lebih dari 300.000 Kasus

"Dalam beberapa hari setelah pembukaan fasilitas, seluruh 50 tempat tidur terisi sehingga Anda bisa membayangkan tekanan seperti apa yang dihadapi rumah-rumah sakit," imbuhnya.

Gujarat yang merupakan wilayah asal Perdana Menteri (PM) Narendra Modi, diketahui merupakan salah satu wilayah terdampak covid-19 paling parah di India. Wilayah ini mencatat nyaris 1.500 kasus dan lebih dari 150 kematian sepanjang Selasa (27/4) waktu setempat.

Kota-kota besar lainnya di India juga mengalami situasi kekacauan di rumah-rumah sakit setempat, dengan puluhan ambulans mengantre selama berjam-jam di luar fasilitas medis setempat.

Masjid Darool Uloom di kota yang sama juga membuka pintunya untuk pasien covid-19, dengan menyediakan 142 tempat tidur yang dilengkapi tabung oksigen. Sekitar 20 perawat dan tiga dokter siaga di lokasi.

Meskipun fasilitas-fasilitas ini berlokasi di area yang didominasi Muslim, namun pasien dari semua keyakinan dirawat di fasilitas ini. 

"Kami melayani kemanusiaan, bukan agama," tegas Irfan Sheikh.

Langkah ini sangat penting untuk memperkuat kerukunan antar umat beragama di Gujarat. Karena di kota ini sering terjadi bentrokan antar pemeluk agama. Pada tahun 2002 terjadi kerusuhan yang dipicu bentrokan warga Hindu dan Muslim yang menewaskan ribuan orang, yang sebagian besar warga Muslim.

"Kemanusiaan tidak mengenal agama. Orang-orang saling memahami dan ingin hidup dalam damai," tandas Sheikh.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan India melaporkan pada Rabu (28/4/2021) terjadi 360.960 kasus covid-19 dengan 3.293 kematian dalam sehari. 

Dengan tambahan ini, total jumlah kasus positif covid-19 di India nyaris 18 juta kasus, dengan 201.187 kematian.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK