Daihatsu Rocky Versi Hybrid Siap Debut Pertengahan Tahun Ini

Daihatsu Rocky Hybrid Akan Dikembangkan Melalui Kemitraan Dengan Toyota.

Daihatsu Rocky Hybrid. (Istimewa)

Nusantaratv.com - Daihatsu Motor Corp berencana merilis varian terbaru Daihatsu Rocky, yakni Daihatsu Rocky Hybrid. Nikkei melaporkan Daihatsu Rocky versi hybrid tersebut rencananya akan diluncurkan pertengahan tahun ini.

Mengutip Paultan, Kamis (25/2/2021), Daihatsu Rocky Hybrid ini akan dikembangkan melalui kemitraan dengan perusahaan induk, yakni Toyota. Nantinya, seluruh teknologi hybrid yang digunakan Daihatsu Rocky merupakan teknologi yang dikembangkan oleh Toyota. 

Kendaraan ini menjadi mobil kedua hybrid berlogo Daihatsu. Karena sebelumnya mobil hybrid yang pernah dibuat Daihatsu adalah Daihatsu Hijet Mini Hybrid, yang merupakan kendaraan komersial dan penjualannya berakhir pada 2010.

Pabrikan asal Jepang itu memang jarang membuat mobil hybrid. Pasalnya, penggunaan teknologi itu membuat harga mobil menjadi lebih mahal. Mereka lebih berfokus meraih efisiensi berkendara dengan cara mengurangi bobot kendaraan dan perbaikan mesin pembakaran internal yang mereka gunakan. Namun, kemungkinan metode tersebut tampaknya akan segera ditringgalkan Daihatsu.

Sebab, pemerintah Jepang berambisi mewujudkan karbon netral hingga 2050, dan melarang penjualan mobil dengan sistem pembakaran internal pada 2035. Dengan demikian, pembuat mobil Jepang diharapkan mengakselerasi teknologi ramah lingkungan mereka mulai dari sistem hybrid hingga listrik.

Sedangkan Daihatsu mengklaim Daihatsu Rocky Hybrid memiliki efisiensi bahan bakar 30 persen lebih baik dari Daihatsu Rocky dengan mesin 1.000 cc plus turbo yang dijual di Jepang.

Hingga kini belum jelas apakah Daihatsu Rocky hybrid akan dijual di luar Jepang. Diketahui, mobil listrik akan mengurangi emisi secara signifikan, berkontribusi pada tujuan netral karbon Jepang.

Pesaing Daihatsu, Suzuki juga menawarkan kendaraan hybrid, tetapi kebanyakan dari mereka menggunakan sistem yang disederhanakan yang tidak banyak meningkatkan efisiensi bahan bakar.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK