Ridwan Kamil: PSBB Tanpa Tes Masif Sama Saja Biarkan Virus Keliaran :: Nusantaratv.com

Ridwan Kamil: PSBB Tanpa Tes Masif Sama Saja Biarkan Virus Keliaran

Emil memastikan tes masif akan dilakukan di Kota Bandung selama PSBB
Ridwan Kamil: PSBB Tanpa Tes Masif Sama Saja Biarkan Virus Keliaran
Ridwan Kamil. (Net)

Bandung, Nusantaratv.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menilai pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) harus diiringi dengan rapid test atau tes swab dengan polymerase chain reaction (PCR), yang masif. Sebab dengan begitu PSBB akan berlangsung lebih optimal. 

"PSBB harus diikuti oleh tes masif, tanpa itu kita sama saja membiarkan virus berkeliaran tanpa ukuran," ujar Emil, sapaan Ridwan Kamil, Senin (20/4/2020). 

Ia menjelaskan, tujuan pemberlakuan PSBB ialah menemukan serta menghentikan penyebaran virus corona. Tes masif sendiri, dibutuhkan untuk mendapatkan peta sebaran. 

Menurut Emil, selama 14 hari ke depan Kota Bandung akan melakukan tes corona masif 0,6 persen dari jumlah penduduk. 

"Karena kami punya kapasitas melompat dari 140 sampel per hari menjadi 2.000 sampel per hari, maka tes swab ini akan kita intensifkan di zona PSBB," jelasnya.

Pihaknya telah menambah 105 rumah sakit rujukan yang tersebar di Jabar untuk mengantisipasi lonjakan pasien corona. Beberapa pemerintah kabupaten/kota di Jabar sudah mengalihfungsikan gedung maupun stadion sebagai ruang isolasi.

Di samping itu, pihaknya juga telah mendatangkan mesin swab baru dari Korea Selatan.

"Jadi silakan Kota Bandung mengajukan zona-zona yang paling diwaspadai. Sehingga tidak perlu rapid test, dengan swab test saja yang hampir seratus persen akurat," tandasnya. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0