Pemerintah Punya Daftar Perusahaan Terkait Kebakaran Hutan

Moeldoko sebut pemerintah miliki daftar perusahaan pembakar hutan dan lahan di Kalimantan
Pemerintah Punya Daftar Perusahaan Terkait Kebakaran Hutan
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko
Untitled Document

Jakarta, Nusantaratv.com -Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengungkapkan pemerintah telah memiliki daftar nama perusahaan yang terkait kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan. Pernyataan ini menanggapi gugatan terhadap Jokowi dan pejabat lainnya, dalam kasus kebakaran hutan di Kalimantan.

"Kalau enggak salah sudah ada daftarnya (perusahaan), tinggal nanti tanya ke menter LHK saja," kata Moeldoko di kantor DPP PA GMNI, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019).

Menyikapi kasus ini, kata Moeldoko pemerintah akan melakukan bermacam langkah, seperti upaya hukum hingga pembinaan terhadap mengantisipasi karhutla.

Lebih lanjut, Moeldoko menjelaskan alasan pemerintah mengajukan peninjauan kembali (PK) atas putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak kasasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah pejabat lain dalam kasus karhutla. Yaitu agar pemerintah tidak terlihat lemah oleh negara lain.

"Ini berkaitan dengan obligation resposibility, jangan sampai nanti dilihat oleh negara luar, negara Indonesia masih lemah dalam menangani (karhutla)," jelas Moeldoko.

Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup terkait masalah itu. Pemerintah kata dia juga sudah optimal dalam menangani karhutla. 

"Pemerintah bekerja keras untuk itu (karhutla). Pemerintah punya upaya lain, upaya baru untuk melakukan PK," jelasnya. (Rizk)