Covid-19 Sasar Kedutaan Asing di India

Para Diplomat yang Ditempatkan di New Delhi Telah Menjadi Bagian Dari 'Diplomasi Vaksin' India.

Kremasi massal korban Covid-19 di India. (The Guardian)

Nusantaratv.com - Sejumlah kedutaan asing di India mulai panik ketika serangan virus corona (Covid-19) mulai menyasar ke beberapa stafnya.

Krisis kesehatan di pusat diplomatik India telah menyebar ke beberapa misi luar negeri termasuk Komisi Tinggi Selandia Baru. Komisi itu secara terbuka meminta bantuan relawan Kongres Pemuda India (IYC) terkait pengadaan tabung oksigen pada Minggu (2/5/2021).

"Bisakah Anda segera membantu dengan tabung oksigen di Komisi Tinggi Selandia Baru?" Komisi Tinggi pada Minggu (2/5/2021) pagi waktu setempat bertanya kepada BV Srinivas, selaku Presiden Nasional IYC, seperti dikutip dari The Hindu, Senin (3/5/2021).

Disebutkan misi tersebut memiliki beberapa kasus Covid-19 di mana dua di antaranya serius yang memerlukan bantuan oksigen segera. Relawan IYC kemudian membawa sejumlah tabung oksigen ke Komisi Tinggi dalam waktu satu jam setelah pengajuan banding. 

"Komisi Tinggi Selandia Baru membuka gerbang Kedutaan Besar dan menerima silindernya," kata Srinivas di Twitter.

Pada Sabtu (1/5/2021), Kedutaan Besar Filipina juga telah menjangkau relawan Kongres Pemuda India (IYC) untuk meminta bantuan mencari tabung oksigen. Sebagian besar misi asing berada di daerah Chanakyapuri, di ibu kota, di mana para diplomat tinggal.

Selain Filipina, beberapa negara Asia Tenggara juga terkena dampaknya. Dilaporkan sejumlah besar staf di Kedutaan Besar Kerajaan Thailand telah terpengaruh oleh wabah virus mematikan itu.

Dengan kekurangan oksigen yang kritis dan terbatasnya ICU di ibu kota negara, Kedutaan Besar Thailand akhirnya memulangkan beberapa warga negara mereka.

Kedutaan besar Singapura dan Vietnam juga punya beberapa kasus. Dengan situasi yang buruk, beberapa kedutaan terpaksa membantu diri mereka sendiri dengan oksigen dari siapa pun yang dapat memberi mereka, kata seorang diplomat tanpa menyebut nama.

Seorang diplomat dari Kedutaan Besar Palestina mengungkapkan dia dan istrinya telah dites positif Covid-19 dan saat ini sedang dalam pengobatan.

Para diplomat yang ditempatkan di New Delhi telah menjadi bagian dari 'diplomasi vaksin' India. Kementerian Luar Negeri membawa tim diplomat untuk mengunjungi fasilitas pembuatan vaksin di Hyderabad di mana mereka memeriksa Bharat Biotech and Biological E.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK