Catat! Penyintas Covid-19 dan Ibu Menyusui Bisa Divaksinasi

Masyarakat Diminta Agar Senantiasa Disiplin Menjalankan Protokol Kesehatan 3M.

Nusantara TV - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan persetujuan vaksinasi Covid-19 pada kelompok lansia (lanjut usia), komorbid, penyintas Covid-19, dan ibu menyusui dengan syarat tertentu. 

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/I/368/2021, yang berisi tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid dan Penyintas Covid-19, serta Sasaran Tunda.

SE itu ditandatangani oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu tertanggal 11 Februari 2021.

Dengan kondisi tubuh atau kesehatan yang lebih berisiko, maka ada syarat khusus yang harus diperhatikan sebelum divaksinasi, seperti wajib melakukan pemeriksaan riwayat kesehatan tambahan terlebih dulu. 

Baca Juga: 10 Tahun Lagi Indonesia Bebas Pandemi Covid-19, Ini Jawaban Profesor Zubairi

Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional telah menyampaikan kajian bahwa vaksinasi Covid-19 dapat diberikan pada kelompok usia 60 tahun ke atas, komorbid, penyintas Covid-19 dan Ibu menyusui dengan terlebih dahulu dilakukan anamnesa tambahan - kata Maxi dalam keterangannya, yang dikutip Sabtu (13/2/2021).

Diketahui, Pemerintah telah menetapkan vaksinasi Covid-19 dilakukan secara bertahap dengan target sasaran 181,5 juta orang. Namun, masyarakat diminta agar senantiasa disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK