Cara Pandang Menentukan Sukses Tidaknya Kita

Kisah inspiratif ini mengajarkan kepada kita, bahwa cara pandang melihat suatu masalah akan menentukan hasil akhir.

Ilustrasi, ayah dan anak
Nusantaratv.com - Di bawah ini ada sebuah kisah inspiratif yang mengajarkan kepada kita, bahwa cara pandang dalam melihat suatu masalah akan menentukan sukses tidaknya kita. Siapa yang jeli melihat setiap permasalahan yang muncul dan mensikapinya dengan bijak, akan keluar sebagai pemenang.
 
Dinukil dari kisah-kisah inspiratif, berikut ini dikisahkan ada sebuah keluarga, dimana keluarga ini memiliki dua orang anak laki-laki yang telah dewasa. Kondisi sang ayah diceritakan telah sering sakit-sakitan. Pada suatu hari, entah karena firasat, sang ayah merasa usianya sudah tidak lama lagi, sang ayah pun memanggil kedua anak laki-lakinya dan memberi pesan kepada keduanya. 
 
Nasehatnya sangat sederhana, namun disikapi oleh kedua anaknya dengan cara berbeda. Nah akibat cara pandang yang berbeda dari kedua anaknya ini, maka kehidupan kedua orang anak ini pun berbeda pula.
 
Yuk kita simak bersama kisah yang menarik ini, nasehat ayah dalam kisah ini sepertinya berguna bagi siapa pun.
 
 
“Anakku, dua pesan penting yang ingin ayah sampaikan kepadamu untuk keberhasilan hidupmu.
 
Pertama: jangan pernah menagih piutang kepada siapapun

Ilustrasi, ayah dan anak
Kedua: jangan pernah tubuhmu terkena terik matahari secara langsung”
 
Setelah memberi pesan tersebut, beberapa hari kemudian sang ayah itu pun meninggal dunia. Ditinggal oleh orang yang paling disayangi tentu keluarga itu pun berduka. Namun karena keluarga tersebut dari golongan keluarga beriman, musibah itu pun disikapi dengan sewajarnya, tidak berlebihan. Mereka menyadari bahwa yang bernyawa suatu saat pasti akan mati, demikian pula dengan ayah mereka.
 
Hari-hari pun mereka lalui tanpa ayah mereka lagi. Kedua anak ini pun telah menikah dan memiliki keluarga sendiri-sendiri. Mereka telah memiliki rumah sendiri dan hidup terpisah dari ibunya.
 
Lima tahun berlalu, pada suatu hari sang ibu berkunjung ke rumah anak sulungnya. Setelah tinggal beberapa hari di rumah anaknya yang sulung, ibu itu pun bertanya kepada anak sulungnya, kenapa kok kehidupannya begitu memprihatinkan. 
 
“Wahai anak sulungku kenapa kondisi bisnismu demikian?”
 
Si Sulung menjawab : “Saya mengikuti pesan ayah bu…!!??
 
 
Pesan yang Pertama Saya dilarang menagih piutang kepada siapapun sehingga banyak piutang yang tidak dibayar dan lama-lama lalu habislah modal saya...
 
Pesan yang kedua ayah melarang saya terkena sinar matahari secara langsung dan saya hanya punya sepeda motor, itulah sebabnya pergi dan pulang kantor saya selalu naik taxi”

Ilustrasi, ayah dan anak
Setelah seminggu tinggal di rumah anak sulungnya. Ibu itu pun pamitan dan beralih mengunjungi anak bungsunya yang kondisinya jauh berbeda dari anak sulungnya. Si bungsu sukses menjalankan bisnisnya.
Sang ibu pun bertanya “Wahai anak bungsuku, hidupmu sedemikian beruntung, apa rahasianya…?”
 
Si bungsu menjawab : “Ini karena saya mengikuti pesan ayah bu...
 
Pesan yang pertama saya dilarang menagih piutang kepada siapapun. Oleh karena itu saya tidak pernah memberikan hutang kepada siapapun tetapi saya beri sedekah sehingga modal saya menjadi berkah”.
 
Pesan kedua saya dilarang terkena sinar matahari secara langsung, maka dengan motor yang saya punya saya selalu berangkat sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari terbenam, sehingga para pelanggan tahu toko mengetahui kalau saya buka lebih pagi dan tutup lebih sore”.
 
Perhatikan...
Si Sulung dan Si Bungsu menerima pesan yang SAMA, namun masing²memiliki penafsiran dan sudut pandang atau MINDSET berbeda. Mereka MELAKUKAN cara yg berbeda sehingga mendapatkan HASIL yg berbeda pula.
 
Hati-hatilah dengan Mindset kita..
Mindset positif memberi hasil menakjubkan, sebaliknya mindset negatif memberikan hasil menghancurkan.
like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK