Cara Mengembalikan Indra Perasa yang Hilang Karena Covid-19

Hilangnya gejala indera perasa dan penciuman tentu dapat mempengaruhi selera makan, nafsu makan jadi berkurang karena tidak dapat merasakan rasa makanan yang...

Ilustrasi, mencium aroma yang menyengat untuk memulihkan indera penciuman yang hilang karena covid-19.

Nusantaratv.com – Salah satu gejala umum dialami oleh penderita covid-19 adalah hilangnya indera perasa dan penciuman. Terkadang gejala ini masih dialami oleh penderita meski telah dinyatakann negatif atau sembuh dari covid-19.

Hilangnya gejala indera perasa dan penciuman tentu dapat mempengaruhi selera makan, nafsu makan jadi berkurang karena tidak dapat merasakan rasa makanan yang masuk ke dalam mulut.

Biasanya kedua indera ini akan pulih dalam waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan. Namun, ada beberapa cara yang dipercaya dapat memulihkan indra perasa dan penciuman tersebut. Adapun caranya yakni sebagai berikut:

Biasanya gejala ini akan terjadi secara bersamaan. Tidak hanya covid-19, ada hal lain yang dapat menyebabkan hilangnya kedua indra tersebut. 

Baca Juga: Proning, Tindakan Darurat Bagi Pasien Covid yang Alami Sesak Napas

1. Fokus pada Indra Lainnya
Hal yang dibutuhkan sebagai salah satu cara mengembalikan indra perasa yang hilang adalah fokus. Usahakan untuk dapat fokus ketika sedang makan, coba maksimalkan kerja indra penglihatan, penciuman, dan pendengaranmu. Caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur, aroma, tampilan, dan menimbulkan suara ketika dikunyah.

Sebelum memakannya, kamu bisa memerhatikannya lebih dulu. Mulai dari warna, tekstur, dan beragam perbedaan dari makanan yang ada di hadapanmu. Kalau indra penciumanmu juga tidak dapat berfungsi, cobalah tambahkan beragam herba dan rempah ke dalam makanan.

Ilustrasi, mencium aroma yang menyengat untuk memulihkan indera penciuman yang hilang karena covid-19.

Melansir dari laman detik, pakar menyarankan agar kamu membuat pengalaman makan lebih beragam dan menyenangkan. Bisa dengan mencoba resep baru, menyajikan makanan yang sama dengan cara berbeda, atau membeli makanan dari luar yang belum pernah kamu coba sebelumnya.

2. Cobalah Makanan dengan Rasa Kuat
Cara mengembalikan indra perasa berikutnya adalah dengan mencoba makanan yang memiliki rasa kuat. Misalnya, dengan mengonsumsi makanan asam seperti lemon, jeruk nipis, atau buah asam lainnya. Sedangkan, untuk makanan yang dimasak, kamu bisa menambahkan bumbu herba yang rasanya kuat, seperti bawang putih, bubuk cabai, kayu manis, hingga cuka. Bereksperiman mencicipi makanan seperti ini dipercaya dapat menstimulasi indra perasamu.

Baca Juga: Kenali Teknik Proning Bagi yang Tengah Isolasi Mandiri

3. Mengonsumsi Makanan yang Kamu Suka
Meski indra perasa tidak berfungsi maksimal, tapi bukan berarti kamu tidak boleh mencicipi makanan yang kamu suka. Justru mengonsumsi makanan favorit, bisa menjadi salah satu cara mengembalikan indra perasa, loh. Selain itu, hal ini akan mencegahmu dari kekurangan nutrisi akibat kurangnya nafsu makan. Walaupun makanan tersebut kurang menyehatkan, tapi selama kamu menyukainya, kamu bisa memakannya dulu.

Ini lebih baik daripada kamu tidak makan sama sekali. Contohnya, kamu menyukai makanan dengan rasa asin yang kuat, maka tidak ada salahnya menambahkan lebih banyak garam ke dalam makananmu. Apabila kamu sudah suka dengan satu makanan dan tidak bisa makan yang lainnya, lanjutkan saja pola makan tersebut sampai indra perasa berangsur-angsur pulih. Namun, perlu diperhatikan jika kondisimu tak kunjung membaik dalam jangka waktu lama, kamu perlu konsultasi ke dokter.

ilustrasi, makan cabe.

4. Makan Sedikit, Tapi Sering
Cara mengembalikan indra perasa yang satu ini, umumnya dipraktikan pada mereka yang sedang melakukan program diet. Namun, ternyata cocok sebagai cara mengembalikan indra perasa, loh. Saat indra perasa tidak dapat berfungsi, cobalah makan sedikit tapi sering. Apalagi, kalau kamu merasa mual karena harus menelan makanan yang terasa hambar. Cara ini bisa menjadi salah satu solusinya.

Cobalah makan setiap 2-4 jam sekali. Usahakan apa yang kamu makan mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehat, ya. Jangan lupa untuk menyertakan dua porsi camilan sehat setiap harinya. Pola makan sedikit tapi sering ini akan menurunkan risiko bosa akan jenis makanan tertentu. Cara ini juga memastikan kamu tetap dapat asupan nutrisi meski terasa hambar.

Baca Juga: Pasien Covid-19 yang Isoman, Wajib Waspadai 3 Gejala Fatal Ini

5. Perbanyak Minum Air Putih
Air putih memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya bisa dijadikan sebagai cara mengembalikan indra perasa yang hilang. Hal ini karena jika kamu kekurangan air, maka mulut akan terasa kering. Kondisi mulut kering akan memperparah kondisi hilangnya indra perasa. Usahakan untuk tidak melewatkan minum air putih di antara waktu makan. Kamu juga bisa meneguk beberapa gelas air putih saat makan.

Itulah lima cara mengembalikan indra perasa yang bisa kamu lakukan. Selain cara di atas, kamu harus memastikan bahwa kondisi mulutmu bersih, ya. Cobalah berkumur dengan larutan pencuci mulut atau membuat larutan alami berbahan soda kue dan air. Lakukan hal ini secara rutin, bersamaan dengan sikat gigi dan lidah. Semoga bermanfaat!

Sumber: seruni.id

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK