BZ, Nama SUV Listrik Toyota dengan Sasis e-TNGA

Mobil Listrik Terbaru Toyota Berbasis Platform e-TNGA Merupakan Produk Kolaborasi Antara Toyota dan Subaru.

Ilustrasi mobil listrik Toyota pertama. (Carbuzz)

Nusantaratv.com - SUV listrik pertama Toyota masih diselimuti misteri. Gambar teaser yang dirilis oleh pabrikan mobil asal Jepang tersebut sedikit demi sedikit mulai mengungkap kehadirannya, meskipun tidak secara detail.

Mengutip Carbuzz, Kamis (8/4/2021), setelah berkonsentrasi pada mobil hybrid dan plug-in hybrid, Toyota saat ini melebarkan sayapnya dengan memproduksi BEV (Battery Electric Vehicle) global pertamanya.

SUV (Sport Utility Vehicle) misteri Toyota itu akan terungkap di Shanghai Auto Show pada 19 April mendatang, namun Toyota telah mendaftarkan sebuah merek dagang berdasarkan seri BZ, mulai dari BZ1 hingga BZ5.

Baca Juga: Toyota Dirikan Pusat Produksi dan Pengisian Bahan Bakar Hidrogen

Merek dagang yang diajukan ke Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa itu menunjukkan logo BZ, yang merupakan singkatan dari Beyond Zero. Ini merupakan semangat Toyota dalam menghadirkan mobil tanpa emisi.

Penamaan BZ1 hingga BZ5, maupun BZ1X hingga BZ5X menunjukan ukuran kendaraan listrik besutan Toyota itu. BZ1 akan mewakili crossover terkecil di jajaran BZ, sedangkan BZ5 akan menjadi SUV terbesar. 

Mobil listrik terbaru Toyota berbasis platform e-TNGA merupakan produk kolaborasi antara Toyota dan Subaru. Platform e-TNGA memungkinkan dipasang dengan penggerak roda depan, belakang, atau keempat roda. Dan berbagai kapasitas baterai serta motor listrik.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK