Buah Parijoto Mitosnya Membuat Anak Cantik atau Ganteng?

Tanaman Parijoto dipercaya dapat menyuburkan kandungan. Dari mitos yang beredar, ibu-ibu yang sedang hamil, kalau memakan buah parijoto akan dikaruniai anak yang...

Buah Parijoto (Medinilla speciosa), mitosnya mampu menjadikan anak ganteng atau cantik

Nusantaratv.com - Tanaman Parijoto dipercaya dapat menyuburkan kandungan. Dari mitos yang beredar, ibu-ibu yang sedang hamil, kalau memakan buah parijoto akan dikaruniai anak yang ganteng atau cantik, sehat dan berkulit bersih. 

Mitos terkait parijoto boleh dipercaya atau pun tidak. Tapi yang pasti buah dan daun tumbuhan ini memang kaya akan kardenolin, saponin, flavonid, dan tanin.

Nama resmi tanaman dari famili Melastomataceae ini hingga kini belum diketahui dalam bahasa Indonesia. Namun masyarakat Jawa biasa menyebutnya dengan ‘parijoto’. Adapun nama latin dari tanaman ini adalah Medinilla Speciosa Blume, meskipun oleh The Plant List, nama ilmiah tersebut dilabeli sebagai “unresolved name“. Sedang dalam bahasa Inggris disebut Showy Asian Grapes.

Parijoto atau Medinilla speciosa merupakan tanaman semak epifit dengan ketinggian 0,45 – 1,2 meter. Merupakan tumbuhan semak evergreen (selalu hijau) dengan batang dan cabang berkayu berwarna hijau. Daun berwarna hijau berbentuk lonjong dengan ujung lancip dengan tulang daun melengkung. Buah tersusun dalam malai yang besar dengan masing-masing buah berbentuk bulat kecil. Saat masih muda, buah berwarna pink muda namun semakin memerah keunguan setelah masak.

Pohon parijoto (Medinilla speciosa) tumbuh tersebar di pulau Jawa dan Kalimantan (Indonesia), Sabah (Malaysia) dan Filipina. Habitatnya di hutan hujan tropis pegunungan dengan ketinggian 500 – 1000 meter dpl. Di pulau Jawa tumbuhan mitosnya dapat membuat anak yang dikandung lahir cantik dan ganteng ini dapat dijumpai diantaranya di gunung Muria (Jawa Tengah), gunung Andong (Magelang), dan beberapa gunung lainnya.

Buah Parijoto

Meskipun demikian pohon ini ternyata dapat dibudidayakan. Baik ditanam di pekarangan, di dalam pot, bahkan dijadikan tanaman hias dalam ruangan sekalipun pohon parijoto dapat tumbuh dengan baik.

Antara Mitos dan Fakta Parijoto
Mitos terkait buah parijoto konon berawal ketika istri Sunan Muria (Kudus) hamil. Kemudian beliau memakan buah parijoto yang didapatinya dari dalam hutan. Dan saat dilahirkan ternyata Sang Bayi sehat dan berkulit bersih. Sejak itu berkembanglah mitos bahwa parijoto jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil maka anak yang dilahirkannya akan menjadi tampan atau cantik, terlahir sehat dan berkulit bersih. Hingga sekarang, buah parijoto banyak diperjualbelikan di sekitar area pemakaman Sunan Muria, Kudus.

Terlepas dari mitos tersebut, dengan kandungan kardenolin, saponin, flavonid yang terdapat pada buahnya dan tanin pada daunnya parijoto memiliki khasiat sebagai obat herbal. Parijoto pun dipercaya dapat memperkuat kandungan bagi ibu-ibu yang hamil. Buah parijoto ini dapat dimakan langsung ataupun sebagai campuran rujak.

Parijoto pun mempunyai khasiat untuk menyembuhkan sariawan, diare, serta obat bagi penyakit kolesterol. Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan adalah daun dan buahnya, baik dalam keadaan segar ataupun dikeringkan.

Di samping khasiatnya sebagai tanaman obat, bentuk pohon dan buahnya yang kontras dan menarik dapat dipergunakan sebagai tanaman hias untuk memperindah taman dan pekarangan. Bahkan menurut cerita beberapa teman yang tinggal di luar negeri, di Eropa, Jepang, maupun Amerika, pohon parijoto (Medinilla speciosa) menjadi salah satu tanaman hias primadona dan bibitnya dijual dengan harga relatif tinggi.

Sumber: alamendah.org

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK