Wagub Jatim Atur 2 Strategi Dalam Mentrasformasi Ekonomi Daerahnya

Wagub Siapkan Dua Strategi Guna Transformasi Ekonomi di Jatim
Wagub Jatim Atur 2 Strategi Dalam Mentrasformasi Ekonomi Daerahnya
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak/ Kemendagri

Surabaya, Nusantaratv.com - Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim), Emil Elestianto Dardak mengaku tengah menyiapkan dua strategi dalam rangka transformasi ekonomi di Jatim. 

Adapun strategi pertama yaitu dengan mengurangi ketimpangan antara wilayah utara dan selatan di Jatim. Sedangkan yang kedua, yaitu dengan meningkatkan daya saing wilayah ring 1 atau Surabaya dan sekitarnya lebih berbasis knowledge dan human resources.  

“Jika kita bicara tentang transformasi ekonomi, maka strateginya yakni mengurangi ketimpangan di wilayah utara dan selatan serta pada saat yang sama membuat transformasi ekonomi di wilayah Surabaya dan sekitarnya,” ujar Wagub Jatim di Unuiversitas Airlangga, Surabaya, Selasa (26/11/2019).

Baca Juga: Gubernur Jatim Ingatkan Arti Penting Membangun Karakter Bangsa

Wagub Jatim menjelaskan, transformasi kebijakan ekonomi ini juga akan difokuskan dari ekonomi berbasis sumber daya alam ke ekonomi berbasis nilai tambah pada industri manufaktur dan jasa. 

Hal ini sengaja dilakukan, untuk meningkatkan daya saing merespon pergeseran struktur ekonomi ke jasa, perkembangan teknologi dan tantangan lainnya.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Pemprov Jatim juga  tengah membuka poros-poros industri baru di luar ring 1. Apalagi, wilayah-wilayah di luar ring 1 sebagian besar sudah hampir terkoneksi dengan infrastruktur jalan tol.

“Sebanyak 50 % ekonomi di Jatim ditopang oleh ring 1. Namun, hal ini justru menunjukkan masih ada ruang untuk pengembangan sektor industri Jatim utamanya sisi barat dan selatan, serta di Madura,” kata Wagub jatim.



Reaksi Kamu

like
1
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1