Susi Jadi Dirut Garuda, Jonan Bos Pelindo?

Susi dinilai memiliki pengalaman mengelola perusahaan penerbangan
Susi Jadi Dirut Garuda, Jonan Bos Pelindo?
Susi dan Jonan. (Akun Instagram Jonan)

Jakarta, Nusantaratv.com - Beredar informasi dua mantan menteri Jokowi, Susi Pudjiastuti dan Ignasius Jonan, menjadi direksi BUMN. Tak tanggung, Susi disebut bakal menjadi Direktur Utama Garuda Indonesia, sementara Jonan menjabat bos Pelindo.

Baca juga: Bos Takkan Lagi Jadi Menteri, Susi Air Bebas Travel Advisory Australia 

Sejauh ini informasi tersebut belum dipastikan kebenarannya. Namun, berdasarkan latar belakang yang dimiliki, Susi cukup cocok memimpin Garuda. 

Pasalnya ia tak asing dengan dunia penerbangan karena memiliki maskapai Susi Air. Namun yang dikhawatirkan pengamat, terjadi conflict of interest atau konflik kepentingan saat mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu memimpin perusahaan maskapai penerbangan pelat merah.

Sementara Jonan, justru dinilai cocok memimpin Garuda, karena memiliki pengalaman mereformasi BUMN PT KAI. 

Jika tidak terpilih pun, gaya kepemimpinan Jonan disarankan dicontoh direksi Garuda yang ditunjuk. 

"Kepemimpinan Ignasius Jonan dalam membenahi dan memajukan PT KAI mungkin bisa ditiru oleh sosok-sosok pemimpin pengganti di direksi Garuda," ujar pengamat transportasi Djoko Setijowarno. 

Susi sendiri diperkirakan pengamat akan mengurusi BUMN bidang perikanan, bukan penerbangan. 

Di internal Garuda, terdapat tiga nama kuat pengganti Ari Ashkara, mereka antara lain Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo, serta Jonan. 

Komisaris Utama Garuda Indonesia Sahala Lumban Gaol, menjelaskan nama pengganti Ari bakal diputuskan pada rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada Januari 2020. 

"Keputusan permanen diambil pada saat RUPSLB yang akan dilaksanakan 45 hari sejak kami menyampaikan surat permintaan ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan," ujar Sahala. 

Garuda Indonesia berencana mengajukan surat ke OJK pada 9 Desember mendatang. Adapun 45 hari penetapan Direktur Utama Garuda terhitung sejak manajemen menyerahkan surat tersebut. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0