Menkeu Himbau DJBC Mengerti Kebutuhan dan Dinamika Dunia Usaha

Saat DJBC Harus Pahami Kebutuhan dan Dinamika Dunia Usaha
Menkeu Himbau DJBC Mengerti Kebutuhan dan Dinamika Dunia Usaha
Menkeu pada Rakor DJBC di Jakarta/ Kemenkeu

Jakarta, Nusantaratv.com - Kondisi global yang kerap kali berubah-ubah tentunya menuntut Aparat Sipil Negara (ASN) di Indonesia harus merubah pola pikir, sifat dan cara kerja yang adaptif dan responsif terhadap dinamika perubahan.

Seperti diketahui, belakangan ini ranking Indoensia di ease of doing business mengalami kenaikan, namun sayangnya kenaikan tersebut terhitung masih kalah dibandingkan dengan negara lain yang lebih responsif.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengingatkan agar para pimpinan dan jajaran pegawai di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) mammpu menangkap aspirasi para pelaku usaha agar iklim usaha di Indonesia semakin kondusif.

Baca Juga: Ketegasan Indonesia Tolak Kiriman Limbah Beracun dari Berbagai Negara

"Coba sekarang teman-teman di bea dan cukai pikirkan tentang penyederhanaan regulasi. Saya juga akan menantang ini untuk Dirjen Pajak. Saya ingin teman-teman di DJBC anda untuk ganti sepatu. Jadilah eksportir atau importir yang tidak punya koneksi," ujar Menkeu di Kantor Pusat DJBC, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Jika aparat DJBC tidak berupaya memahami kebutuhan dunia usaha dan melakukan perbaikan yang tepat maka birokrat akan cenderung tidak memiliki empathy dan hanya fokus pada peraturan yang berlaku.

"Kalau anda nda pernah ganti sepatu maka anda nda akan pernah punya empathy. Jawaban akan selalu pasal, prosedur, aturan dan muka anda ya muka besi aja. Which is not helping padahal value kita adalah pelayanan. Dan itu tidak terefleksikan," kata Menkeu.

Namun demikian, memahami bisnis dan bersikap empathy bukan berarti harus kompromi terhadap integritas dan nilai-nilai profesionalisme. Para pejabat dan jajaran DJBC harus tetap waspada menginmgat kebijakan kemudahan bisnis seringkali disalahgunakan oleh beberapa oknum yang nakal.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0