KTT ASEAN-ROK Padukan Kerja Sama Ekonomi dan Sosial

Rencana Investasi Hyundai Dilakukan di Bekasi, Luhut: Ini Akan Berlanjut
KTT ASEAN-ROK Padukan Kerja Sama Ekonomi dan Sosial
KTT ASEAN-ROK/ Kemenko Perekonomian

Korea Selatan, Nusantaratv.com - Pada hari kedua dalam rangkaian event Association of South East Asian Nations-Republic of Korea (ASEAN-ROK) Commemorative Summit di Korea Selatan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalankan lima agenda utama.

Kelima agenda tersebut adalah ASEAN-ROK Commemorative Summit; ASEAN-ROK Start-up Summit; ASEAN-ROK Innovation Showcase; Leaders Retreat Luncheon; dan Kunjungan ke komplek Pabrik Hyundai Motor Company (HMC).

Commemorative Summit kali ini untuk memperingati hubungan 30 tahun antara ASEAN dan Korea Selatan. Pertemuan dibagi menjadi dua sesi yang masing-masing mengangkat tema 'ASEAN-ROK 30 & 30' dan 'Enhancing Connectivity toward Prosperity'.

Sesi pertama secara fokus membahas pencapaian kemitraan antara ASEAN-ROK dalam 30 tahun terakhir dan arah kemitraan untuk 30 tahun yang akan datang. Dalam intervensinya, Presiden RI menyampaikan bahwa dalam 30 tahun ini, Korea telah menjadi mitra dagang dan investasi terbesar ke-5 bagi ASEAN, serta merupakan mitra pertama yang memiliki ASEAN Cultural House sebagai wadah promosi kebudayaan ASEAN di Korea.

Baca Juga: Rencana Investasi Hyundai Dilakukan di Bekasi, Luhut: Ini Akan Berlanjut

Presiden Jokowi menambahkan bahwa dalam 30 tahun mendatang akan terjadi pergeseran peran yang signifikan dan melampaui negara maju dari emerging economies. 

"Namun, terdapat juga beberapa hal yang perlu dicermati untuk menciptakan suatu kondisi inklusif, antara lain dengan melaksanakan reformasi struktural, menjalankan investasi yang efektif dan berkelanjutan pada bidang teknologi, membangun infrastruktur dan pendidikan, melakukan diversifikasi ekonomi, dan mengatasi kesenjangan ekonomi," kata Presiden Jokowi

Presiden RI juga mengusulkan, ke depannya kerja sama ASEAN-ROK dapat difokuskan pada perdagangan, investasi, pendidikan riset dan teknologi, ekonomi kreatif dan pengembangan energi terbarukan. Presiden pun menyambut baik rencana pendirian ASEAN-ROK Science and Technology Center di Jakarta pada 2020 guna penguatan dan pengembangan SDM, vokasi, teknologi manufaktur, dan energi terbarukan.

Kemudian, untuk pengembangan kerja sama ekonomi kreatif, Presiden Jokowi mengusulkan pembentukan ASEAN-ROK Creative Economy Center yang akan menjadi wadah diskusi dan implementasi kerja sama ASEAN-ROK.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0