Facebook Berhasil Dongkrak Ekonomi UKM Indonesia

Rubben Hattari menuturkan, Facebook ternyata mampu mendongkrak ekonomi Indonesia. Dari UKM yang disurvei
Facebook Berhasil Dongkrak Ekonomi UKM Indonesia
Foto: e-report

Jakarta, Nusantaratv.com - Facebook adalah salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk menjual produk bisnis oleh para pedagang Indonesia. Hal itu diketahui dari hasil survei PricewaterhouseCoopers (PwC) dan Indef. 

"71 persen UKM juga setuju aplikasi Facebook membantu mengelola staf operasional dan proses bisnis secara efisien," kata Kepala Kebijakan Publik Facebook Indnesia Ruben Hattari, di Jakarta, Rabu (16/10/2019). 

Rubben Hattari menuturkan, Facebook ternyata mampu mendongkrak ekonomi Indonesia. Dari UKM yang disurvei, lanjut dia, 74 persen setuju bahwa aplikasi Facebook telah mengurangi hambatan untuk bertumbuh. 

Selain itu, dia menuturkan bahwa survei itu juga membuktikan bahwa Facebook memfasilitasi pasar domestik dan internasional. 

95 persen responden setuju Facebook membantu mempercepat pesanan dari kota yang sama, 68 persen responden setuju Facebook membantu mendapat pesanan dari pelanggan di luar kota dan 16 persen responden mengaku mendapat penjualan internasional.

"Selama satu tahun terakhir ini, kita juga melihat bagiamana e-government lebih efektif dengan Facebook, mendorong efisiensi dan efektivitas dari teman-teman yang ada di Pemerintahan," tuturnya.

Sementara itu, VP Facebook Asia Tenggara, Benjamin Joe menambahkan, bahwa komunitas yang ada, tumbuh dan berkembang di media sosial ini. Dari bisnis kecil hingga besar semuanya menggunakan Facebook maupun keluarganya, seperti Instagram dan WhatsApp.

"Banyak, bisnis besar maupun kecil, gunakan, Facebook, Instagram dan WhatsApp," katanya.

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0