Bos Tokopedia Sebut Satu-Satunya Cara Tingkatkan Pelaku UMKM Jangan Manjakan

menurut CEO Tokopedia William Tanuwijaya cara untuk menaikkan para pelaku UMKM, Satu-satunya solusi jangan memanjakan para UMKM
Bos Tokopedia Sebut Satu-Satunya Cara Tingkatkan Pelaku UMKM Jangan Manjakan
William Tanuwijaya CEO Tokopedia

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo lagi gencar-gencarnya memperhatikan usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal itu dilakukan guna untuk membangun perekonomian Indonesia dari sektor paling bawah. 

Namun, menurut CEO Tokopedia William Tanuwijaya cara untuk menaikkan para pelaku UMKM, Satu-satunya solusi jangan memanjakan para UMKM. 

Bagaimana tidak, para pelaku UMKM ini diberikan fasilitas yang melimpah oleh pemerintah. Misalnya adalah memangkas pajak UMKM dari sebelumnya 1% menjadi 0,5% saja.

"Kalau UMKM masalahnya kompleks sekali. Satu UMKM itu kalau bisa jangan dikasihani. Kalau kita lihat program-program selama ini UMKM itu perlu bantuan dan perlu dikasihani," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM), Jakarta, Senin (4/11/2019).

Menurut William, para pelaku UMKM ini sebenarnya sudah berjiwa petarung. Tanpa ada kebijakan pemangkasan pajak sekalipun, para para pelaku UMKM ini diyakini akan bisa survive.

"Padahal UMKM yang sebenarnya entrepreneurship tinggi sekali. Mereka itu fighter dan bagaimana mereka bisa buat ini itu jadi keren," katanya.

Justru yang harus diberikan pemerintah adalah bagaimana mempermudah izin. Perizinan yang dimaksud adalah dari mulai izin produk hingga izin pemasaran diharapkan bisa menjadi satu agar tidak mempersulit para pelaku UMKM.

Menurutnya, perizinan ini sangat penting dibandingkan kebijakan yang memanjakan UMKM lainya. Karena jika izin dipermudah, maka para pelaku UMKM ini bisa dengan cepat menyalurkan produknya atau bahkan bisa untuk diekspor.

"Dan tadi itu kita bahas dari hulu ke hilir masalahnya tuh apa saja misalnya perizinan membuat produksi produksi sendiri tapi ketika mereka mau buat produk tersebut menjadi skala nasional tentunya mereka harus punya izin," kata William.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0