Soal Perlakuan Cina ke Muslim Uighur, Sesneg AS : Itu Pelanggaran HAM :: Nusantaratv.com

Soal Perlakuan Cina ke Muslim Uighur, Sesneg AS : Itu Pelanggaran HAM

Sekretaris Negara A.S. Mike Pompeo mengatakan pada hari Rabu (9/10/19) bahwa perlakuan China terhadap Muslim, termasuk warga Uighur, di China barat adalah pelanggaran hak asasi manusia yang sangat besar.
Sekretaris Negara AS, Mike Pompeo

Pakar dan aktivis AS mengatakan setidaknya 1 juta warga Uighur, dan anggota kelompok minoritas Muslim lainnya, telah ditahan di kamp-kamp di wilayah terpencil. 

China membantah ada penganiayaan terhadap warga Uighur, dan mengatakan Xinjiang adalah urusan internalnya. 

"Baru-baru ini, pihak AS telah menyerang dan mengotori kebijakan Xinjiang China dengan alasan agama dan hak asasi manusia, dan membuat pernyataan yang tidak berdasar dan keliru yang bertentangan dengan fakta," kata jurubicara kementerian luar negeri China Geng Shuang kepada wartawan dalam briefing harian di Beijing.

Tiongkok mengekspresikan ketidakpuasan yang kuat dan oposisi yang kuat terhadap hal ini. Kedutaan Besar China di Washington, dalam sebuah pernyataan terpisah yang dikeluarkan pada hari Selasa, mengecam tindakan visa dan mengatakan tuduhan A.S. tentang pelanggaran hak asasi manusia adalah dalih yang dibuat-buat karena ikut campur dalam urusan Cina.

 China, yang terlibat dalam perang dagang selama 15 bulan dengan Amerika Serikat, juga memandang dukungan A.S. untuk protes pro-demokrasi di Hong Kong mengganggu kedaulatannya. 

"Kami akan terus berbicara tentang pelanggaran HAM ini," kata Pompeo. 

 

Sumber : Reuters 

Terjemahan : (NTV/Cal) 

Sebelumnya

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0