Soal Perlakuan Cina ke Muslim Uighur, Sesneg AS : Itu Pelanggaran HAM

Sekretaris Negara A.S. Mike Pompeo mengatakan pada hari Rabu (9/10/19) bahwa perlakuan China terhadap Muslim, termasuk warga Uighur, di China barat adalah pelanggaran hak asasi manusia yang sangat besar.
Muslim Uighur

Washington, Nusantaratv.com- Sekretaris Negara AS Mike Pompeo mengatakan pada hari Rabu (9/10/19) bahwa perlakuan China terhadap Muslim, termasuk warga Uighur, di China barat adalah pelanggaran hak asasi manusia yang sangat besar. 

"Ini bukan hanya pelanggaran hak asasi manusia yang sangat besar, tetapi kami tidak berpikir itu demi kepentingan terbaik dunia atau China untuk terlibat dalam perilaku semacam ini," kata Pompeo. 

 Ditanya apakah Presiden Tiongkok Xi Jinping yang bertanggung jawab, Pompeo mengatakan bahwa Xi Jinping memimpin negara seperti pemimpin peleton tank, bisnis kecil atau negara yang bertanggung jawab atas hal-hal yang terjadi atas namanya. 

 Menghukum Beijing karena perlakuannya terhadap minoritas Muslim, pemerintah AS minggu ini memperluas daftar hitam perdagangannya untuk memasukkan beberapa startup kecerdasan buatan top China dan mengumumkan pembatasan visa pada pemerintah Tiongkok dan pejabat Partai Komunis yang diyakini bertanggung jawab atas penahanan minoritas Muslim di Provinsi Xinjiang.

 Pompeo pada hari Minggu menyerukan semua negara untuk menolak tuntutan China untuk memulangkan etnis Uighur, dengan mengatakan kampanye Beijing di wilayah Xinjiang, China barat, merupakan upaya untuk menghapus warganya sendiri

1 / 2
Selanjutnya