PM Jepang Nyatakan Keprihatinan Tentang Situasi Timur Tengah Saat Ini

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada hari Selasa menyatakan keprihatinan tentang situasi Timur Tengah dan mendesak Iran untuk mengambil tindakan berdasarkan kebijaksanaan yang berasal dari sejarahnya yang kaya.
PM Jepang Nyatakan Keprihatinan Tentang Situasi Timur Tengah Saat Ini
PM Jepang, Shinzo Abe (time.com)

Tokyo, Nusantaratv.com - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada hari Selasa menyatakan keprihatinan tentang situasi Timur Tengah dan mendesak Iran untuk mengambil tindakan berdasarkan kebijaksanaan yang berasal dari sejarahnya yang kaya. 

Dalam pidatonya di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, Abe menyebut serangan 14 September di fasilitas minyak Saudi sebagai kejahatan yang sangat hina yang menyandera tatanan ekonomi internasional. 

Namun, dia tidak menyebutkan secara spesifik siapa yang dipikirkan Jepang di balik serangan itu, yang oleh Riyadh, Washington dan negara-negara Uni Eropa terkemuka ditudingkan pada Iran. 

Baca Juga : China Tak Ingin Bermain Game Of Thrones di Panggung Dunia

Jepang secara tradisional memiliki hubungan persahabatan dengan Iran dan Abe telah berusaha untuk meredakan ketegangan antara Teheran dan sekutu terdekat Tokyo, Washington.

 "Adalah peran saya sendiri yang tidak berubah untuk menyerukan Iran sebagai kekuatan utama untuk mengambil tindakan yang didasarkan pada kebijaksanaan yang berasal dari sejarahnya yang kaya," kata Abe. 

Abe bertemu Presiden Iran Hassan Rouhani pada hari sebelumnya. Abe juga mengatakan dia mendukung pendekatan Presiden AS Donald Trump ke Korea Utara.

 "Pendekatan di mana kedua pemimpin berbicara secara terbuka satu sama lain dan mencoba untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi sambil melihat masa depan yang cerah telah mengubah dinamika di sekitar Korea Utara," katanya. 

Dia mengulangi bahwa dia ingin bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tanpa melampirkan persyaratan apa pun. 

Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV /Cal) 

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0