Pengeluaran Militer Korea Selatan Membuat Korea Utara khawatir

Pyongyang secara tajam mengkritik latihan militer Korea Selatan dan pengadaan pertahanan Korea Selatan - termasuk kapal induk, pesawat tempur siluman dan satelit mata-mata
Pengeluaran Militer Korea Selatan Membuat Korea Utara khawatir
Militer Korea Utara (New York Times)

Seoul, Nusantaratv.com - Korea Selatan dan Korea Utara menyalurkan sumber daya untuk memodernisasi militer mereka meskipun ada hiruk-pikuk diplomasi sejak 2018. 

Penumpukan militer di kedua sisi perbatasan yang dijaga ketat antara kedua negara telah menjadi yang terdepan dengan peluncuran rudal jarak pendek baru-baru ini oleh Korea Utara, menyempurnakan persenjataan yang dikatakan perlu untuk bertahan melawan senjata baru Korea Selatan.

Melansir Reuters, Pada Rabu (11/9/19) media pemerintah Korea Utara melaporkan bahwa pemimpin Kim Jong Un secara pribadi mengawasi tes penembakan sistem peluncuran roket berganda besar, jenis analis senjata mengatakan mengancam pasukan di Korea Selatan. 

Baca Juga : Partai Republik Sedikit Unggul dari Demokrat dalam Kongres di Carolina Utara

Pyongyang secara tajam mengkritik latihan militer Korea Selatan dan pengadaan pertahanan Korea Selatan - termasuk kapal induk, pesawat tempur siluman dan satelit mata-mata - sebagai persiapan yang tidak disamarkan untuk serangan pendahuluan.

Pemerintahan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah berkomitmen miliaran dolar untuk anggaran pertahanan negara itu, yang sudah termasuk yang terbesar di dunia.

 Pada tahun 2018, pengeluaran militer Korea Selatan mencapai $ 43,1 miliar, meningkat 7 persen dibandingkan dengan 2017. Itu merupakan lompatan satu tahun terbesar sejak kenaikan 8,7 persen pada 2009. 


Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV/Cal)