Makin Panas, Eropa Desak Korut Serahkan Senjata Nuklir

Sejumlah negara Eropa yang tergabung dalam Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa mendesak Korea Utara pada Selasa (8/10/19) untuk mengambil langkah konkret yakni menyerahkan senjata nuklir dan program rudal balistik dengan cara yang lengkap, dapat diverifikasi, dan tidak dapat diubah.
Senjata nuklir Korea Utara

Washington, Nusantaratv.com - Sejumlah negara Eropa yang tergabung dalam Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa mendesak Korea Utara pada Selasa (8/10/19) untuk mengambil langkah konkret yakni menyerahkan senjata nuklir dan program rudal balistik dengan cara yang lengkap, dapat diverifikasi, dan tidak dapat diubah.

 Utusan itu mengeluarkan pernyataan bersama menyusul pertemuan tertutup 15 anggota dewan di Korea Utara setelah Pyongyang mengatakan pihaknya telah melakukan uji coba menembakkan rudal balistik baru yang diluncurkan kapal selam Rabu lalu. 

 Peluncuran rudal adalah langkah paling provokatif oleh Korea Utara sejak Korea Utara memulai kembali dialog dengan Amerika Serikat pada 2018 dan mengikuti serangkaian uji coba rudal lainnya selama beberapa bulan terakhir. 

Resolusi Dewan Keamanan AS Pyongyang tidak menggunakan teknologi rudal balistik.  Anggota dewan Eropa menggambarkan peluncuran ini sebagai hal yang  merusak keamanan dan stabilitas regional, dan mereka jelas melanggar resolusi Dewan Keamanan AS.

 "Sangat penting bahwa Dewan Keamanan menegakkan resolusi. Sanksi internasional harus tetap ada dan ditegakkan sepenuhnya dan tegas," kata utusan itu, termasuk dari Belgia dan Polandia, dalam pernyataannya.

1 / 2
Selanjutnya