Delegasi Taliban Lakukan Kunjungan ke China

Delegasi Taliban bertemu perwakilan khusus China untuk Afghanistan di Beijing pada Minggu untuk membahas pembicaraan damai kelompok itu dengan Amerika Serikat.
Delegasi Taliban Lakukan Kunjungan ke China
Delegasi Taliban saat berjumpa dengan perwakilan khusus China untuk Afghanistan (kiblatnet)

Beijing, Nusantaratv.com - Delegasi Taliban bertemu perwakilan khusus China untuk Afghanistan di Beijing pada Minggu untuk membahas pembicaraan damai kelompok itu dengan Amerika Serikat. 

 Pertemuan itu terjadi setelah pembatalan Presiden AS Donald Trump awal bulan ini dari perundingan antara negaranya dan Taliban, yang diharapkan banyak orang akan membuka jalan menuju kesepakatan damai yang lebih luas dengan pemerintah Afghanistan dan mengakhiri perang 17 tahun. 

Delegasi sembilan anggota Taliban melakukan perjalanan ke Beijing dan bertemu Deng Xijun, perwakilan khusus China untuk Afghanistan, kata Suhail Shaheen, juru bicara kelompok Afghanistan di Qatar, pada akun Twitter resminya.

 Qatar merupakan tempat Taliban dan Amerika Serikat mengadakan pembicaraan damai selama setahun terakhir.

Baca Juga : Tujuh Tewas, dan Puluhan Luka-luka Akibat Insiden Ruang Kelas Runtuh di Kenya

 "Perwakilan khusus China mengatakan kesepakatan AS-Taliban adalah kerangka kerja yang baik untuk solusi damai masalah Afghanistan dan mereka mendukungnya," tulis Shaheen. 

 Mullah Baradar, pemimpin delegasi Taliban, mengatakan bahwa mereka telah melakukan dialog dan mencapai "kesepakatan komprehensif", Shaheen mentweet. 

"Sekarang, jika presiden A.S. tidak bisa tetap berkomitmen pada kata-katanya dan melanggar janjinya, maka dia bertanggung jawab atas segala gangguan dan pertumpahan darah di Afghanistan," kata Baradar. 

 Afghanistan pekan ini akan mengadakan pemilihan presiden keempat sejak pasukan pimpinan AS menggulingkan Taliban dari kekuasaan pada 2001. 

 Pemilihan itu telah menjadi penting sejak jatuhnya perundingan damai, karena perundingan bisa mengarah pada pembentukan pemerintahan sementara, yang sekarang menjadi prospek yang lebih jauh.

 Pada Juni, sebelum perundingan damai berakhir, tim Taliban lain pergi ke Cina untuk bertemu dengan pemerintah. Pada saat itu, seorang juru bicara kementerian luar negeri mengatakan Cina mendukung rakyat Afghanistan untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri melalui pembicaraan, dan kunjungan itu adalah bagian penting dari China yang mempromosikan pembicaraan damai semacam itu.

 China, sekutu dekat Pakistan, telah memperdalam hubungan ekonomi dan politiknya dengan Kabul dan juga menggunakan pengaruhnya untuk mencoba mendekatkan kedua tetangga yang berbeda pandangan itu. 


Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV/Cal) 

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0