China : Teori AS Soal Laboratorium Virus Corona Itu 'Gila' :: Nusantaratv.com

China : Teori AS Soal Laboratorium Virus Corona Itu 'Gila'

Teori ini telah sangat ditekankan oleh pemerintahan Trump, yang semakin kritis terhadap penanganan Cina
China : Teori AS Soal Laboratorium Virus Corona Itu 'Gila'
(Reuters)

Nusantaratv.com- Penyiar CCTV negara bagian China, Senin (4 Mei) menyerang pernyataan gila dan menghindar dari Sekretaris Negara AS Mike Pompeo atas asal-usul pandemi virus corona. 

Pompeo pada hari Minggu (3 Mei) mengatakan "bukti besar" menunjukkan virus itu berasal dari sebuah laboratorium di China, dua kali lipat dari klaim sebelumnya yang telah berulang kali ditolak oleh Organisasi Kesehatan Dunia dan berbagai pakar ilmiah.

Teori ini telah sangat ditekankan oleh pemerintahan Trump, yang semakin kritis terhadap penanganan Cina soal wabah yang pertama kali muncul di kota Wuhan di Cina akhir tahun lalu.

Sejak itu, virus telah membunuh lebih dari 247.000 orang dan 3,5 juta telah terinfeksi di seluruh dunia.

Berjudul "Evil Pompeo adalah sembarangan memuntahkan racun dan menyebarkan kebohongan", komentar kasar yang dikutip direktur eksekutif WHO Mike Ryan dan ahli virologi Universitas Columbia W. Ian Lipkin, yang mengklaim bahwa virus itu alami pada mulanya dan bukan buatan manusia atau bocor dari laboratorium.

"Pernyataan yang salah dan tidak masuk akal dari para politisi Amerika ini memperjelas kepada semakin banyak orang bahwa tidak ada 'bukti' yang ada," kata komentar itu dikutip The Star.

"Apa yang disebut 'virus bocor dari sebuah laboratorium Wuhan' adalah kebohongan yang lengkap dan sepenuhnya. Politisi Amerika bergegas untuk menggeser kesalahan, menipu pemilih dan menekan China ketika upaya anti-epidemi domestik mereka sendiri berantakan."

Dua komentar lebih lanjut yang diterbitkan pada hari Senin oleh surat kabar pemerintah People's Daily menyerang Pompeo dan mantan ahli strategi Gedung Putih Steve Bannon sebagai "sepasang badut pembohong", dan mengecam Bannon sebagai "fosil hidup Perang Dingin".

Dalam sepekan terakhir, CCTV berulang kali mengecam Pompeo sebagai "musuh bersama umat manusia" dan menuduhnya "menyebarkan virus politik" atas klaimnya yang berulang kali bahwa pandemi itu berasal dari laboratorium.

China dan AS telah berulangkali memperdagangkan duri atas asal-usul virus dalam perang kata-kata yang meningkat, setelah juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian pada bulan Maret mendorong teori konspirasi bahwa militer AS mungkin telah membawa virus ke China.

Sejak itu, kedua negara adikuasa telah menuduh satu sama lain menyebarkan informasi yang salah, karena Presiden AS Donald Trump juga telah menyerang Cina karena dugaan kurangnya transparansi.

Trump pekan lalu mengklaim memiliki bukti bahwa Institut Virologi Wuhan adalah sumbernya, muncul untuk menggemakan spekulasi yang dipicu oleh komentator radio sayap kanan AS tentang laboratorium rahasia.

Laporan-laporan berita AS mengatakan Trump telah menugaskan mata-mata AS untuk mencari tahu lebih banyak tentang asal-usul virus itu, ketika ia menjadikan penanganan pandemi Cina sebagai inti dari kampanyenya untuk pemilihan presiden November.

Sebagian besar ilmuwan percaya virus itu melonjak dari hewan ke manusia setelah muncul di Cina, mungkin dari pasar di Wuhan yang menjual hewan eksotis untuk daging. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0