AS Lakukan Pembatasan Visa pada Pemerintah Cina Karena Hal Ini

Amerika Serikat telah memberlakukan pembatasan visa pada pemerintah Cina dan pejabat Partai Komunis yang diyakini bertanggung jawab atas penahanan atau penyalahgunaan minoritas Muslim di provinsi Xinjiang.
AS Lakukan Pembatasan Visa pada Pemerintah Cina Karena Hal Ini
Bendera Amerika Serikat (snopes.com)

Beijing, Nusantaratv.com - Amerika Serikat telah memberlakukan pembatasan visa pada pemerintah Cina dan pejabat Partai Komunis yang diyakini bertanggung jawab atas penahanan atau penyalahgunaan minoritas Muslim di provinsi Xinjiang. 

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengutip keputusan Departemen Perdagangan pada hari Senin untuk menambah 28 biro keamanan publik Tiongkok dan perusahaan - termasuk perusahaan pengawas video Hikvision - ke dalam daftar hitam perdagangan A.S. atas perlakuan Beijing terhadap Muslim Uighur dan etnis minoritas mayoritas Muslim lainnya.

 Para pejabat AS sebelumnya mengatakan pemerintahan Trump sedang mempertimbangkan sanksi terhadap para pejabat terkait dengan tindakan keras China terhadap Muslim, termasuk Sekretaris Partai Xinjiang, Chen Quanguo, yang, sebagai anggota politbiro yang kuat, berada di eselon atas kepemimpinan Tiongkok.

Baca Juga : Demonstrasi di Kota Sadr Terus Berlanjut

 Pengumuman Departemen Luar Negeri tidak menyebutkan nama pejabat yang tunduk pada pembatasan visa, tetapi berita tentang tindakan tersebut membuat saham A.S. turun. 

Banyak analis percaya bahwa tindakan pemerintah AS membuat Cina dan Amerika Serikat kemungkinan akan mencapai kesepakatan jauh lebih kecil minggu ini untuk menyelesaikan perang dagang. 

"Amerika Serikat menyerukan Republik Rakyat Tiongkok untuk segera mengakhiri kampanye penindasannya di Xinjiang, membebaskan semua yang ditahan secara sewenang-wenang, dan menghentikan upaya untuk memaksa anggota kelompok minoritas Muslim Cina yang tinggal di luar negeri untuk kembali ke China untuk menghadapi nasib yang tidak pasti, "Kata Pompeo.

 Sumber :Reuters 
Terjemahan : (NTV/Cal) 

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0