AS Kecam Intimidasi Beijing di Laut China Selatan

Amerika Serikat (AS) mengecam intimidasi yang dilakukan pemerintah China di Laut China Selatan.
AS Kecam Intimidasi Beijing di Laut China Selatan
Robert O' brien (Washington post)

Bangkok, Nusantaratv.com - Amerika Serikat (AS) mengecam intimidasi yang dilakukan pemerintah China di Laut China Selatan. Hal itu disampaikan dalam pertemuan para pemimpin Asia Tenggara di KTT ke-35 ASEAN pada Senin, (4/11/19) di Bangkok, Thailand.

Sebelumnya, China telah membuat klaim maritim di perairan kaya sumber daya alam di Laut China Selatan, dan membuat marah negara-negara tetangga dengan mengirimkan kapal ke jalur perairan yang sibuk, di mana beberapa anggota ASEAN juga memiliki klaim.

“Beijing telah menggunakan intimidasi untuk mencoba menghentikan negara-negara ASEAN dari mengeksploitasi sumber daya lepas pantai, menghalangi akses ke USD2,5 triliun cadangan minyak dan gas saja,” kata Utusan AS Robert O 'Brien dalam pidatonya di KTT ASEAN-AS melansir Reuters, Senin (4/11/2019).

"Kawasan ini tidak tertarik pada era imperialisme baru di mana sebuah negara besar dapat memerintah orang lain pada teori yang kuat adalah yang benar (might makes right)," tambah penasihat keamanan nasional Gedung Putih itu.

Baca Juga : Polisi Israel Tembak Warga Palestina Pakai Peluru Karet

Dia juga membacakan pesan dari Trump yang mengundang para pemimpin ASEAN untuk "bergabung dengan saya di Amerika Serikat untuk pertemuan puncak khusus, bertemu pada saat yang sama-sama nyaman pada kuartal pertama 2020".

Trump telah melewatkan KTT ASEAN-AS selama dua tahun terakhir, dan diwakilkan oleh Wakil Presiden Mike Pence pada 2018.

Pada KTT tahun ini, Sekretaris Perdagangan AS Wilbur Ross adalah anggota delegasi AS dengan jabatan tertinggi, membuat 10 negara anggota ASEAN untuk menurunkan tingkat KTT menjadi "troika" yang hanya dihadiri oleh pemimpin dari tiga negara: Thailand, Vietnam dan Laos.(Cal) 



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0