Waduh Mak! Harga LPG 3 Kg Bakal Naik

Nusantaratv.com - 19 Januari 2022

Tumpukan gas LPG 3 kilogram/ist
Tumpukan gas LPG 3 kilogram/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Di tengah kondisi perekonomian masyarakat yang belum sepenuhnya pulih akibat dampak pandemi covid-19, harga-harga kebutuhan hidup terus meroket.

Terbaru, dikabarkan pemerintah akan menaikkan harga LPG (elpiji) 3 kilogram yang populer dengan istilah 'si melon'. Kenaikan ini imbas rencana skema penyaluran subsidi LPG 3 kg agar tepat sasaran.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Soerjaningsih menjelaskan, nantinya subsidi LPG 3 kg akan bersifat tertutup. Implementasinya menunggu data penerima ini akurat.

"Rencana LPG tepat sasaran ini berdasarkan hasil rapat di Banggar (Badan Anggaran) DPR, penyaluran subsidi LPG 3 kg, direkomendasikan tertutup berdasarkan DTKS Kemensos," ujar Soerjaningsih, Rabu (19/1/2022).

Soerjaningsih menyampaikan DTKS Kemensos sudah akurat, maka tinggal Presiden Joko Widodo memberikan keputusan apakah subsidi akan diterapkan atau tidak.

"Pada saat DTKS itu akurat, kita menunggu keputusan Pak Presiden, apakah ini (subsidi) akan diterapkan. Memang, konsekuensi penyaluran subsidi tepat sasaran adalah kenaikan harga LPG 3 kg," ujarnya.

Baca juga: Siap-siap! Tarif Listrik akan Naik Tahun Ini

Dijelaskan, saat ini sudah ada uji coba penyaluran tepat sasaran di beberapa kota. Namun Soerja tak merinci di kota mana saja. 

"Sudah uji coba di bawah koordinasi Bappenas dan direncanakan Pertamina," ungkapnya, mengutip okezonecom.

Soerjaniningsih memastikan pihaknya menerapkan prinsip kehati-hatian terkait penyaluran subsidi tepat sasaran. Hal itu dilakukan agar subsidi ini tidak menimbulkan gejolak di masyarakat. 

Soerja mengatakan, pemerintah ingin agar daya beli masyarakat masih terjaga.

"Yang pastinya perlu keputusan Presiden untuk menentukan distribusi tertutup ini bisa dilaksanakan atau belum," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])