Simulasi Makan Gratis: Ada Nasi Plus Ayam, Sayuran dan Pisang

Nusantaratv.com - 29 Februari 2024

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto:  ANTARA/Azmi Samsul Maarif.)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: ANTARA/Azmi Samsul Maarif.)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, turut menghadiri simulasi program makan siang gratis yang diselenggarakan di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang. Acara tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai pelaksanaan program makan siang gratis, yang merupakan bagian dari program Prabowo-Gibran.

Airlangga Hartarto, memilih Kabupaten Tangerang sebagai lokasi pelaksanaan program tersebut didasarkan pada variasi tipologi sekolah di daerah tersebut, yang mencakup sekolah di perkotaan, pedesaan, dan pesisir.

Hal ini menjadikan Tangerang sebagai lokasi yang paling tepat untuk menjadi percontohan program makan siang gratis yang nantinya bisa diterapkan di daerah lainnya.

Program makan siang gratis juga dinilai bermanfaat bagi para pelaku UMKM, salah satunya adalah penyediaan makanan bergizi bagi anak-anak.

"Ketahanan pangan lokal penting dan jadi asupan di lokal, jangan sampai kita tidak support ini. Saya senang dari Kantor Menko ingin kerja sama dengan Kabupaten Tangerang," ungkapnya.

Foto: ANTARA/Azmi Samsul Maarif

Diketahui bahwa simulasi makan siang ini menampilkan dua menu beragam, dengan menu 1 mencakup ayam goreng tepung, perkedel, sayur capcay, dan pisang, sementara menu 2 terdiri atas nasi, semur telur, tempe goreng tepung, tumis buncis wortel, dan pisang.

Selain memberikan asupan gizi yang seimbang bagi anak-anak, program ini juga diharapkan dapat membantu dalam mencegah dan menekan kasus stunting di Indonesia.

"Satu lagi, saya lihat anak-anak dapat uang jajan Rp10.000 sampai Rp15.000 itu dipakai untuk berangkat sekolah, beli makanan. Maka dengan ada program ini bisa membantu anak-anak. Demikian program ini jadi tepat, gizi dan kalori tepat untuk para pelajar," tuturnya.

Diketahui Presiden Jokowi telah menyiapkan rencana pelaksanaan program serupa untuk tahun 2025, yang menjadi program unggulan dari pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Simulasi ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam bagi pemerintah dalam merancang dan melaksanakan program makan siang gratis di sekolah-sekolah sebagai bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])