Peringati Bulan Bung Karno di Eropa, Ahmad Basarah: Promosikan Pancasila dan Indonesia kepada Dunia

Nusantaratv.com - 25 Juni 2022

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah (kedua kiri) saat pembukaan pameran foto Bung Karno di Prancis. Foto: Dok MPR
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah (kedua kiri) saat pembukaan pameran foto Bung Karno di Prancis. Foto: Dok MPR

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Wakil Ketua MPR RI dan juga Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Luar Negeri, Ahmad Basarah meresmikan pembukaan Pameran Foto Bung Karno dengan Tema "Soekarno Sang Visioner" di Kota Paris pada Jumat (24/6/2022). Pameran foto tersebut akan berlangsung hingga 11 Juli 2022 mendatang.

Di samping itu, pada Kamis 25 Juni 2022 akan diselenggarakan Seminar Pancasila di Kota Eindhovend Belanda dengan tema  "Bung Karno dan Pancasila Jiwa Bangsa". Kegiatan tersebut merupakan rangkaian agenda Bulan Bung Karno tahun 2022 yang diselenggarakan di Eropa oleh DPP PDI Perjuangan Bidang Luar Negeri.

Pameran foto Bung Karno merupakan kerja sama antara Wali Kota Paris dengan lembaga swadaya masyarakat Nation Emergentes yang berkedudukan di Paris, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Perancis, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) PDI Perjuangan Perancis/Belgia.

Pembukaan pameran foto tersebut dihadiri oleh Walikota Paris Jean Pierre Lecoq, Duta Besar RI Di Perancis Mohammad Oemar, Duta Besar Nepal untuk Perancis Dhipak Adhikari, Duta Besar Myanmar Kyaw Zeya, Duta Besar Saudi Arabia Fahad Al Ruwaily dan Perwakilan kedutaan besar negara-negara sahabat, Direktur LSM Hak Azasi Manusia negara Afrika di Paris, Keita S Cheick,  Direktur Nation Emergentes  Doraya Asgarly dan Pengurus DPLN PDI Perjuangan Perancis/Belgia, Komunitas Banteng Eropa dan masyarakat Indonesia di Perancis.

Dalam sambutannya, Ahmad Basarah menyampaikan salam hangat dari Presiden RI ke 5 dan Ketua Umum PDI Perjuangan  Ptpg DR (HC) Megawati Soekarnoputri. 

"Pameran foto Bung Karno ini kami laksanakan dalam rangka mempromosikan Indonesia dan Pancasila kepada dunia internasional, karena berbicara tentang Bung Karno berarti kita bicara tentang Indonesia dan Pancasila" ujar Basarah yang juga Anggota Komisi Pendidikan DPR RI itu.

"Foto-foto yang dipamerkan tersebut menceritakan tentang perjalanan hidup tokoh Bung Karno sejak dilahirkan dan proses pertumbuhan perkembangan pemikirannya hingga menjadi seorang pejuang pemikir dan pemikir pejuang yang visioner serta mendharma bhaktikan hidupnya untuk kemerdekaan dan pembangunan bangsa Indonesia," terang Basarah

"Selain itu, ada juga foto-foto tentang peran Bung Karno dalam dunia internasional, seperti antara lain, penyelenggan Konferensi Asia Afrika tahun 1955 di Bandung, penyelenggaraan KTT Non Blok dan Pidato Presiden Soekarno di PBB tahun 1960," urai  Basarah yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Luar Negeri itu.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Perancis, Mohammad Oemar mengatakan,  "Pameran foto Bung Karno sebagai Proklamator dan Bapak Bangsa Indonesia yang visioner ini akan dapat membangun citra positif Indonesia dan Pancasila di Perancis dan Eropa," ujar mantan sekretaris Wakil Presiden Jusuf Kalla itu.

Direktur Nations Emergentes Doraya Asgarly menjelaskan bahwa pihaknya mau bekerja sama menyelenggarakan pameran foto Bung Karno ini karena kagum terhadap perjuangan Bung Karno untuk Indonesia dan dunia. 

"Meskipun saya warga negara Perancis tetapi saya dan banyak masyarakat Perancis lainnya mengagumi Soekarno karena dia seorang pemimpin Indonesia dan dunia yang hebat dan visioner," jelas Douraya Agarly.

Ketua DPLN Perancis/Belgia, Angga Perima berharap agar event kerja sama pameran foto ini akan semakin meningkatkan pengenalan masyarakat Perancis dan Eropa terhadap Bung Karno dan Indonesia. 

"Saya berharap pameran foto ini juga akan semakin meningkatkan hubungan baik antara Perancis dan Indonesia sebagai dua negara yang bersahabat. Pameran foto ini membuat kami warga negara Indonesia yang tinggal di Perancis ini merasa bangga dan terhormat," ujar Angga Perima.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])