Lagi Diet Ingin Makan Pizza? Begini Cara Dapatkan Pizza Sehat

Nusantaratv.com - 08 September 2021

ilustrasi pizza
ilustrasi pizza

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Meskipun bukan kuliner asli Nusantara, faktanya tidak sedikit warga masyarakat +62 yang doyan banget makan pizza. Cita rasa gurihnya yang lezat, selalu sukses membuat banyak orang ketagihan.

Tapi meski enak, ada sebagian orang beranggapan makan pizza merupakan ‘dosa besar’ karena makanan yang dijual di restoran cepat saji ini memiliki kandungan kalori, garam dan lemak yang cukup tinggi sehingga makanan asal negeri sphagetti ini dicap sebagai penyebab obesitas, terlebih kalau sering mengonsumsi dalam jumlah banyak.

Apakah kamu juga berpikir begitu? Jangan berkecil hati. Tidak semua pizza harus dijauhi, termasuk saat diet. Agar kondisi tubuh tetap sehat, tentu saja ada tips dan trik untuk kalian yang gemar makan pizza.

Baca Juga: Benarkah Pizza dari Italia? Begini Sejarahnya

Bahaya Terlalu Sering Makan Pizza
Umumnya, makanan yang tergolong sebagai junkfood kurang sehat bagi tubuh termasuk dengan pizza, karena beberapa alasan, di antaranya:

Banyak mengandung garam
Kebanyakan pizza yang dijual di restoran cepat saji tinggi akan kandungan garam, sehingga sering mengonsumsinya beresiko terjadi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

 

Pizza sehat

Jika tekanan darah terus tinggi dan tidak terkontrol, lama kelamaan bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit, seperti penyakit kardiovaskular dan penyakit ginjal.

Tinggi kandungan lemak
Kandungan lemak yang tinggi pada pizza dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tumpukan lemak dalam darah lama kelamaan dapat menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan terjadinya penyakit, seperti hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

Tinggi kalori
Jumlah kalori dalam pizza tergantung pada variasi dan ukuran pizza itu sendiri. Pizza dengan topping keju yang merupakan favorit banyak orang misalnya, mengandung kalori yang cukup tinggi, yaitu sekitar 285 kalori per potongnya. Jika ditambahkan daging olahan dan aneka saus, jumlah kalorinya makin bertambah,

Kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi kalori tidak baik untuk kesehatan karena bisa menyebabkan obesitas, terutama jika kamu jarang berolahraga.

Baca Juga: Ini Pizza dengan Cita Rasa Indonesia

Berat badan berlebih dan tidak terkontrol lama kelamaan bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti diabetes, hipertensi, kanker, penyakit jantung, hingga osteoarthritis.

Tips Mengonsumsi Pizza Sehat
Agar kamu bisa memanjakan lidah dengan pizza tanpa harus merasa bersalah, ikuti tips mengonsumsi pizza yang sehat di bawah ini:

 

Pizza sehat

1. Pilih Pizza khas Italia
Pizza asli Italia berbeda dengan pizza yang umumnya dijual di restoran cepat saji. Pizza jenis ini lebih tipis, garing, dan tidak terlalu berminyak.

Pizza Italia juga umumnya dilengkapi oleh irisan tomat panggang, keju, bawang bombai, bawang putih, bayam, dan minyak zaitun. Dengan mengonsumsi pizza ala Italia, kamu akan mendapat asupan antioksidan dan serat yang baik.

2. Gunakan topping yang menyehatkan
Saat kamu ingin membeli pizza, sebaiknya pilih pizza dengan topping yang menyehatkan, seperti jamur, paprika, bawang, buah zaitun, bayam, kemangi, atau jenis sayuran lainnya. Jika kamu menginginkan topping daging, kurangi takarannya menjadi setengah atau pilih ukuran pizza yang lebih kecil.

Baca Juga: Kenapa ya, Pizza Bentuknya Bulat, Dikemas dalam Dus Kotak dan Dimakan Bentuk Segitiga

3. Pesan makanan pendamping Pizza
Terkadang kita mungkin suka khilaf ketika disuguhi seloyang pizza. Memakan satu potong pizza saja rasanya tidak cukup, sehingga kita ingin terus mengambilnya lagi dan lagi. Tak hanya itu, berbagai menu tambahan selain pizza, seperti chicken wing atau kentang goreng, juga bisa sangat menggiurkan.

Namun, agar lebih sehat, kamu sebaiknya memilih makanan pendamping pizza yang mengenyangkan dan sehat, seperti salad sayur atau buah.

 

Pizza sehat

4. Gunakan tisu untuk menyerap lemak di Pizza
Sebelum melahap pizza, kamu bisa mengambil tisu bersih lalu menempelkannya pada permukaan pizza. Teknik ini dapat sedikit mengurangi lemak dan kalori pada pizza.

5. Hindari mengonsumsi minuman bersoda
Jika kamu gemar mengonsumsi pizza didampingi minuman bersoda, mulai sekarang gantilah dengan air putih atau jus buah asli. Dengan cara ini, kamu bisa menurunkan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Merasa bersalah karena makan pizza atau junkfood ketika sedang diet sebenarnya adalah guilty pleasure yang boleh saja dilakukan, asalkan kamu bisa mengontrol nafsu makanmu. Tak hanya dengan berbagai tips di atas, kamu juga perlu rutin olahraga guna membakar kalori yang diperoleh melalui pizza.

Baca Juga: Kotak Pizza Ini Nilainya Miliaran Rupiah

Mungkin tidak semua restoran bisa menyediakan pizza dengan bahan-bahan atau topping yang lebih sehat. Jadi, alangkah baiknya untuk sesekali mencoba membuat pizza sendiri di rumah. Dengan membuatnya sendiri, kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang lebih segar dan isian yang lebih sehat sesuai dengan seleramu.

Untuk mengetahui tips menciptakan pizza sehat lebih lanjut atau menentukan jenis makanan lain yang sesuai dengan kebutuhan nutrisimu, kamu bisa berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi.

Sumber: alodokter.com

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])