Kuliner Unik Khas Kota ‘KKN Desa Penari’

Nusantaratv.com - 05/06/2022 17:35

Ilustrasi kuliner Nusantara (getlost.id)
Ilustrasi kuliner Nusantara (getlost.id)

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Selain dikenal dengan suku dan budayanya yang beragam, Indonesia juga memiliki ragam kuliner yang nggak kalah uniknya dengan negara lain. Sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah, tentu tidaklah mengherankan  jika masakan Indonesia terkenal lezat dan nikmat. Dari Sabang sampai Merauke, setiap daerah punya jenis masakan unik yang khas dengan cita rasanya masing-masing.

Untuk membahas kuliner unik Nusantara, kali ini kita akan mengunjungi Kota Banyuwangi, Jawa Timur.  

Nama Kota Banyuwangi menjadi viral akhir-akhir ini setelah boomingnya film “KKN Desa Penari”. Film yang menceritakan tentang KKN beberapa mahasiswa dari Surabaya ini konon katanya dilakukan di Kota Banyuwangi. Namun lokasi persisnya tempat KKN para mahasiswa tersebut hingga kini masih simpang siur. 

Selain memiliki sebutan sebagai “Sun Rise of Java” Kota Banyuwangi disebut juga sebagai “Kota Petualang” (banyuwangibagus.com). Hal ini dikarenakan kota ini merupakan Kota satu-satunya di Indonesia yang memiliki 3 Taman Nasional di wilayahnya. Yaitu Taman Nasional Alas Purwo, Taman Nasional Meru Betiri dan Taman Nasional Baluran.

Kuliner di kota penghasil cokelat Glenmore ini terkenal unik dan khas. Disebut demikian karena nama-nama kuliner di kota ini cukup asing di telinga para wisatawan yang baru pertama kali menginjakkan kaki di kota paling ujung Timur Pulau Jawa ini.

Agar tak berlama-lama, yuk kita jelajahi satu per satu nama-nama kuliner unik di Banyuwangi seperti yang dilansir dari sampaijauh.com berikut ini.

1. Pecel Pitik

Pecel Pitik. (Sumber Foto: Liputan6.com)

Kuliner bernama Pecel Pitik merupakan makanan khas Banyuwangi. Lebih tepatnya berasal dari Suku Osing. Mungkin sebagian dari kamu masih belum mengetahui dengan jenis kuliner satu ini.

Biasanya makanan ini akan dihidangkan ketika ada acara selametan di Desa Adat Kemiren. Namun seiring berjalannya waktu, pecel ini menjadi kuliner yang bisa dinikmati kapanpun.

Berbicara tentang rasa, percayalah tidak perlu diragukan lagi. Cita rasa pedas dan gurih dari parutan kelapa sangat terasa. Pecel Pitik sendiri terbuat dari ayam kampung muda yang dibumbui terlebih dahulu sebelum dipanggang di perapian.

2. Sego Pecel Kare

Foto Ilustasi Makanan Sego Pecel Kare. (Sumber Foto: Shutterstock)

Pernahkah kamu mendengar makanan Sego Pecel Kare? Ya, kuliner ini menjadi makanan khas dari Banyuwangi yang dibuat dari paduan makanan pecel dan kare.

Meskipun terdengar asing dan aneh, namun jika berbicara mengenai rasa tidak perlu diragukan lagi. Bumbu yang dominan pedas ini, terasa lebih creamy berkat kuah kare olahan daging ayam kampung. Makanan unik Sego Pecel Kare, pantas untuk dicoba oleh wisatawan yang datang ke Banyuwangi, dijamin rasanya sangat beda. 

3. Rujak Soto

Rujak Soto. (Sumber Foto: detik.com)

Umumnya yang namanya rujak pasti terdiri dari buah-buahan yang diberi sambal. Nah di Kota Banyuwangi ini, uniknya ada rujak dicampur soto, bagaimana rasanya ya?

Orang Banyuwangi menyebutnya dengan Rujak Soto, kuliner ini terdiri dari rujak sayur yang bagian atasnya dilumuri dengan bumbu kacang dan dicampur dengan Soto.

Meskipun perpaduan bahannya dari hal yang tidak biasa, rujak dan soto, kuliner ini cukup enak dan pantas untuk dicoba. Terlebih bagi kamu yang suka dengan rasa pedas. 

4. Rawon Pecel

Rawon Pecel. (Sumber Foto: food.detik.com)

Selanjutnya ada kuliner terkenal khas Banyuwangi lainnya bernama Rawon Pecel. Ya, ini merupakan makanan rawon yang dipadukan dengan bumbu kacang, sangat unik bukan?

Meskipun demikian, kuliner satu ini mudah sekali ditemukan di jalan-jalan di kota penghasil cokelat. Rata-rata Rawon Pecel dijual pada pagi hari, cocok menjadi santapan sarapan kamu. Jika berkunjung ke Banyuwangi, kamu wajib mencobanya!

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Tumis Sawi Putih campur wortel-1660394233
Es Goyobod-1660230577
Cimol Mozarella-1660138231
Rambutan goreng-1660136545