Kudeta Militer di Sudan, PM Ditangkap dan Pemerintahan Sipil Dibubarkan 

Nusantaratv.com - 25 Oktober 2021

Aksi kudeta yang dilakukan militer Sudan langsung disambut aksi unjuk rasa besar-besaran yang mengakibatkan terjadi kerusuhan/ist
Aksi kudeta yang dilakukan militer Sudan langsung disambut aksi unjuk rasa besar-besaran yang mengakibatkan terjadi kerusuhan/ist

Penulis: Ramses Manurung

Khartoum, Nusantaratv.com-Militer Sudan melakukan kudeta atau pengambilalihan kekuasaan secara paksa dari pemerintahan sipil yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Abdalla Hamdok. Pemimpin militer Sudan Jenderal Abdel Fattah al-Burhan telah menetapkan situasi darurat  setelah tentara menahan para pemimpin sipil termasuk Perdana Menteri (PM) Abdalla Hamdok dalam apa yang disebut Kementerian Informasi sebagai 'kudeta'.

Sang jenderal juga membubarkan pemerintah yang memimpin transisi demokrasi di Sudan serta mengumumkan pembentukan pemerintahan baru. 

Jenderal Abdel Fattah al-Burhan menyampaikan pengumuman itu dalam pidato yang disiarkan televisi lokal setelah anak buahnya menahan tokoh-tokoh penting pemerintahan yang memimpin transisi demokrasi sejak lengsernya Presiden Omar al-Bashir pada April 2019.

Baca juga: Dituding Rancang Kudeta, PM Sudan dan Sejumlah Menteri Ditangkap Pasukan Militer

"Untuk memperbaiki arah revolusi, kami memutuskan untuk mendeklarasikan situasi darurat secara nasional... membubarkan dewan kedaulatan transisi, dan membubarkan kabinet," ucap Jenderal Burhan dalam pidatonya, mengutip detik, Senin (25/10/2021).

Pengumuman ini disampaikan saat bentrokan pecah di ibu kota Khartoum, dengan tentara melepaskan tembakan peluru tajam ke arah orang-orang yang berunjuk rasa di jalanan usai perebutan kekuasaan terjadi. Demonstran menolak pemerintahan militer di Sudan. 

Kementerian Informasi Sudan dalam pernyataan via Facebook menyebut para pemimpin sipil ditahan setelah 'menolak untuk mendukung kudeta'.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])