Konser Ed Sheeran di JIS Bakal Hasilkan Dampak Ekonomi Rp100 Miliar

Nusantaratv.com - 27 Februari 2024

Ed Sheeran/ist
Ed Sheeran/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Penyanyi bersuara emas asal Inggris Ed Sheeran akan menggelar konser di Jakarta International Stadium (JIS) pada 2 Maret 2024 mendatang. 

Konser Ed Sheeran: Mathematic Tour 2024 tersebut diperkirakan akan dibanjiri lebih dari 50 ribu orang.

Selain bakal menghipnotis para penggemarnya di Tanah Air, konser Ed Sheeran juga ditargetkan akan menghasilkan dampak ekonomi lebih dari Rp100 miliar. 

Target fantastis tersebut diapungkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. 

“Tipikal spending wisatawan nusantara hingga 50 ribu penonton itu pengalinya Rp 2,7 juta, konservatif direct impact-nya Rp 100 miliar lebih,” kata Sandiaga di Jakarta, Senin (26/2/2024).

Diketahui, semula konser Ed Sheeran akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), tetapi akhirnya dipindah ke JIS. Perpindahan ini diputuskan karena GBK akan digunakan untuk persiapan pertandingan tim nasional Indonesia melawan Vietnam.

Baca juga: Konser ED Sheeran Dipindah Ke JIS

Menurut Sandiaga perpindahan tersebut tak akan menyurutkan minat para penggemar Ed Sheeran untuk menyaksikan langsung aksi idola mereka. Bahkan diyakini konser Ed Sheeran di JIS akan menghadirkan sensasi panggung 360 derajat yang ikonik.

Hal senada dikatakan Deputi Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu. Ia menyampaikan Kemenparekraf bersama PK Entertainment selaku promotor terus berusaha meningkatkan penyelenggaraan konser yang berkualitas. PK Entertainment merupakan promotor yang juga mendatangkan Coldplay pada November tahun lalu.

“Belajar dari kesuksesan Coldplay, kami melihat promotor PK Entertainment ini sudah semakin meningkat kualitas penyelenggaraannya,” ujar Vinsensius.

Diharapkan konser Ed Sheeran dengan 50 ribu penonton dapat berkontribusi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tahun ini ditargetkan mencapai 1,5 miliar pergerakan.

“Sebanyak 10–15 persen wisatawan mancanegara akan hadir di konser tersebut sehingga bisa memberi kontribusi pada perekonomian,” pungkasnya.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])