Jokowi Tambah Direktorat Baru Bareskrim Polri, Buat Apa?

Nusantaratv.com - 13 Februari 2024

Presiden Jokowi (tengah) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan). (Antara)
Presiden Jokowi (tengah) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan). (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani peraturan presiden (perpres) baru. Perpres mengatur tambahan direktorat di Bareskrim Polri.

Perpres ditandatangani Presiden Jokowi pada 12 Februari 2024. Perpres bernomor 20 Tahun 2024 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Polri. Perpres tersebut menambah satu direktorat di Bareskrim Polri dari yang sebelumnya 6 menjadi 7 direktorat.

"Bareskrim terdiri atas paling banyak 7 (tujuh) direktorat, 3 (tiga) pusat, dan 4 (empat) biro," demikian bunyi pasal 20 Perpres. 

Adapun penambahan ini disebutkan dalam rangka optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi penanganan dan pemberantasan tindak pidana terhadap perempuan dan anak serta tindak pidana perdagangan orang dan penyelundupan manusia, perlu menata kembali organisasi dan tata kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Diketahui, pada perpres terakhir terkait organisasi Polri, Bareskrim terdiri atas paling banyak 6 direktorat, 3 pusat, serta 4 biro.

Perpres terakhir tertulis Nomor 5 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])