Jaga Kaki Kita! Penuaan Dimulai dari Kaki Lalu ke Atas

Nusantaratv.com - 17/05/2022 08:56

Ilustrasi melatih otot kaki
Ilustrasi melatih otot kaki

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Saat kita tua, tidak perlu takut rambut kita beruban, kulit kendur atau keriput, tapi kakilah yang penting. Ketika kita bertambah umur (menua), kaki kita harus dijaga agar selalu kuat. 

Di antara tanda-tanda umur panjang, sebagaimana dirangkum oleh “Prevention” Majalah AS, ternyata otot kaki yang kuat tercantum sebagai faktor yang paling penting dan esensial.

Jika kita tidak menggerakkan kaki selama dua minggu saja, kekuatan otot kaki akan berkurang 10 tahun.

Sebuah penelitian dari University of Copenhagen di Denmark menemukan bahwa baik tua maupun muda, selama dua minggu “tidak aktif”, kekuatan otot kaki dapat melemah sepertiganya yang setara dengan penuaan 20-30 tahun.

Saat otot kaki kita melemah, butuh waktu lama untuk bisa pulih, bahkan jika kita melakukan rehabilitasi dan latihan nanti. Karena itu, “olahraga teratur seperti jalan kaki dan bersepeda sangatlah penting” .

Seluruh berat badan/beban tetap dan bertumpu pada kaki. Kaki adalah sejenis “pilar”, penahan beban tubuh manusia.

Yang menarik, 50% tulang seseorang dan 50% otot, dari totalnya ternyata ada di dua kaki. Sendi dan tulang terbesar dan terkuat tubuh manusia juga ada di kaki.

“Tulang yang kuat, otot yang kuat, dan sendi yang fleksibel membentuk “Segitiga Besi ” yang membawa beban terpenting pada tubuh manusia”.

70% aktivitas manusia dan pembakaran energi dalam hidup seseorang, dilakukan dengan aktifitas dua kaki.

Ada seseorang ketika masih muda, *pahanya memiliki kekuatan yang cukup, untuk mengangkat mobil kecil!*

“Kaki adalah pusat penggerak tubuh” .

Kedua kaki memiliki 50% saraf tubuh manusia, 50% pembuluh darah dan 50% darah mengalir melaluinya.

Ini adalah jaringan peredaran darah besar yang menghubungkan tubuh.

Hanya “bila kaki sehat maka konvensi arus darah mengalir dengan lancar, sehingga orang yang memiliki otot tungkai yang kuat pasti akan memiliki jantung yang kuat”.

“Penuaan ternyata dimulai dari kaki, kemudian ke atas” .

Seiring bertambahnya usia, akurasi dan kecepatan transmisi instruksi dari otak ke kaki menurun, tidak seperti saat seseorang masih muda.

Selain itu, apa yang disebut Kalsium Pupuk Tulang, cepat atau lambat akan hilang seiring berjalannya waktu, yang membuat lansia lebih rentan terhadap patah tulang.

Patah tulang pada lansia dapat dengan mudah memicu serangkaian komplikasi lain, terutama penyakit yang fatal seperti trombosis otak.

Tahukah Anda ternyata 15% pasien lansia meninggal dalam waktu satu tahun setelah mengalami patah tulang paha.

Melatih kaki, tidak ada kata terlambat, bahkan setelah usia di atas 60 tahun. Meskipun kaki kita secara bertahap akan menua seiring waktu, melatih kaki kita adalah tugas seumur hidup.

Hanya dengan memperkuat kaki, seseorang dapat mencegah penuaan yang lebih lanjut.

Latihan mengangkat jari kaki hingga bagian kaki atas dengan bertumpu pada tumit bermanfaat besar untuk keseimbangan, memperkuat otot-otot kaki bagian bawah, dan meningkatkan mobilitas sehingga tubuh tetap sehat di usia tua. 

“Mengangkat kaki adalah latihan yang bagus untuk membantu Anda membangun kekuatan, mobilitas, dan stabilitas pada otot yang terletak di bagian depan pergelangan kaki dan kaki bagian bawah,” ujar Grayson Wickham, DPT, CSCS, pendiri Movement Vault seperti dikutip dari Livestrong, Selasa (17/5/2022).

Pada sisi lain, latihan ini juga bisa meningkatkan aliran daerah ke jantung. Pembuluh darah bergantung pada kontraksi otot untuk membantu aliran darah kembali ke jantung. Pembuluh darah di sekitar kaki dan pergelangan kaki memiliki waktu yang paling menantang untuk mengembalikan darah ke jantung karena gravitasi dan jarak yang jauh ke jantung.

Terpenting, jalan kaki setidaknya 30-40 menit setiap hari, untuk memastikan bahwa kaki mendapatkan latihan yang cukup dan untuk memastikan otot-otot kaki kita terjaga tetap sehat.

Apakah hari ini Anda sudah berjalan kaki? Menjadi tua bukan akhir segalanya. Banyak kesuksesan diperoleh banyak orang saat usia menjelang tua. Jadi tetap semangat dan terus bergerak!

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in