Ini Cara Ampuh Usir Semut dari Rumah

Nusantaratv.com - 15/05/2022 07:52

Ilustrasi, semut sedang berkerumun. (pingpoin.co.id)
Ilustrasi, semut sedang berkerumun. (pingpoin.co.id)

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Bingung dengan banyaknya semut di rumah? Sebagian orang tak merasa nyaman melihat barisan semut yang hilir mudik dan berkerumun dilantai. Begitu menemukan jalan masuk, mereka akan berbondong-bondong masuk ke dalam rumah, terlebih jika banyak rempah makanan berserakan.

Informasi mengenai cara mengusir semut menjadi penting untuk diketahui. Sering kali semprotan anti serangga tak cukup ampuh untuk mengusir semut, terutama semut hitam ukuran besar atau semut api. Mereka akan kembali datang selama belum berhasil mendapatkan makanannya.

Salah satu cara untuk membasmi semut adalah semprotan pestisida. Namun, semprotan ini cukup berisiko karena berdampak buruk bagi penghuni rumah, terutama apabila jarak penyemprotan terlalu dekat dengan makanan atau minuman. Hal yang lebih berbahaya lagi adalah apabila semut ini berada di dapur, tentu akan berbahaya apabila menyemprot alat-alat dapur menggunakan pestisida

Ternyata banyak cara alami yang praktis dan aman untuk mengusir semut. Dikutip dari kimbo.id, simak bagaimana cara mengusir semut dengan menggunakan bahan alami secara efektif di bawah ini.

Garam


Garam meja adalah salah satu cara terbaik dan termurah untuk mengusir semut secara alami. Caranya, rebus air bersama garam, aduk sampai larut. Kemudian tuang ke dalam botol dan semprotkan ke sarang semut atau tempat semut berkerumun. Atau, apabila Anda tak punya waktu, sebarkan garam di sudut tempat semut keluar dan masuk.

Perasan jeruk nipis


Semut tidak menyukai bau sari jeruk, sehingga mereka akan menjauh karena sifat asam dan pahit di dalamnya. Untuk penggunaannya, peras jeruk atau tempatkan kulit jeruk di sarang semut. Apabila sekalian sedang membersihkan lantai ruangan, Anda bisa juga mencampurnya dengan cairan pencuci lantai.

Bubuk Kopi


Bubuk kopi tak hanya bermanfaat sebagai minuman saja, tetapi juga bisa menjadi bahan pengusir semut yang ampuh. Aroma dari kopi memang tidak disukai semut dan akan membuatnya menyingkir dari tempatnya. Namun, apabila menaburkan bubuk kopi cukup sayang dilakukan, Anda bisa juga menaburkan ampas kopi dari hasil minuman tanpa gula.

Sabun cuci piring


Sabun cuci piring adalah insektisida yang dibenci semut. Cara penggunaanya sangat sederhana, masukkan air campuran sabun pencuci piring ke dalam botol, semprotkan air sabun ke gerombolan semut atau ke sarangnya. Atau apabila menggunakan cara yang lebih simpel, oleskan sabun colek ke sela-sela lantai yang menjadi sarang semut, usahakan semua lubang tertutup rapat dengan sabun colek.

Mentimun


Ternyata mentimun memiliki banyak manfaat. Selain biasa dipakai sebagai bahan makanan dan kecantikan, mentimun juga ampuh untuk mengusir semut. Caranya, taruh potongan mentimun di tempat yang menjadi semut berkerumun. Semut itu pasti akan cepat pergi, karena mereka tak akan menyukai aroma yang ditimbulkan dari potongan mentimun. 

Silakan terapkan tips di atas agar semut di rumah segera pergi. Semoga bermanfaat.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in