Hyundai Puncaki Penjualan Kendaraan Listrik di Indonesia pada Mei 2022

Nusantaratv.com - 27 Juni 2022

Kendaraan Listrik Hyundai Ioniq 5. (Yonhap)
Kendaraan Listrik Hyundai Ioniq 5. (Yonhap)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Perusahaan otomotif Korea Selatan (Korsel), Hyundai Motor Co., mencatat penjualan kendaraan listrik tertinggi di Indonesia pada Mei 2022.

Hal itu diungkapkan asosiasi industri otomotif Indonesia pada Minggu (26/6/2022), seperti dilaporkan kantor berita Yonhap. Hyundai menjual 196 kendaraa listrik (electric vehicle/EV), yakni 195 unit Ioniq 5 dan satu unit Ioniq Electric, di pasar Asia Tenggara pada Mei, menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

"Hyundai menyumbang 98 persen dari seluruh 200 unit kendaraan listrik yang dijual di Indonesia bulan lalu," sebut GAIKINDO.

GAIKINDO menyebutkan pada periode Januari-Mei 2022, penjualan kendaraan listrik Hyundai mencapai 333 unit, atau 92 persen dari keseluruhan penjualan 363 EV di Indonesia.

Model kendaraan listrik lainnya yang dijual di Indonesia termasuk Leaf dari Nissan Motor Corp., UX300e dari Lexus dan C+pod dari Toyota Motor Corp. Jika penjualan kendaraan mesin pembakaran digabungkan, total penjualan kendaraan di Indonesia mencapai 396.153 unit dalam lima bulan pertama. Produsen mobil Jepang mengklaim bagian dari 93 persen dari angka penjualan secara keseluruhan.

Pada 2022, Hyundai menargetkan untuk meningkatkan pangsa pasarnya di pasar mobil Indonesia dari pangsa 0,3 persen tahun lalu. Namun, itu tidak memberikan pangsa pasar yang ditargetkan. Dalam periode lima bulan, pangsa Hyundai melonjak menjadi 2,4 persen dibantu oleh model lokal SUV (sport utility vehicle) Creta dan kendaraan listrik.

Hyundai menginvestasikan US$1,55 miliar untuk membangun pabrik 150.000 unit per tahun di Indonesia, dan mulai memproduksi SUV Creta pada Januari dan Ioniq 5 listrik murni pada Maret. Guna mendongkrak penjualan lokal, Hyundai berencana meluncurkan kendaraan multiguna Stargazer di Indonesia pada kuartal ketiga (Q3).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])