Harga TBS Sawit Turun Drastis Hingga di Bawah Rp1.500 per Kg

Nusantaratv.com - 25 Juni 2022

Harga TBS terus mengalami penurunan setiap harinya sekitar Rp100 per kilo/net
Harga TBS terus mengalami penurunan setiap harinya sekitar Rp100 per kilo/net

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Di beberapa wilayah, harga tandan buah segar (TBS) sawit terus mengalami penurunan. Berdasarkan catatan Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS), harga TBS sawit dari petani swadaya turun drastis hingga di bawah Rp1.500 per kilogram.

Menurut Kepala Bagian Organisasi dan Anggota SPKS Sabarudin, harga TBS terus mengalami penurunan setiap harinya sekitar Rp100 per kilo.

"Saya lagi posisi di Rokan Hulu, Riau. Disini TBS sawit harga Rp1.070 per kilogram," kata Sabarudin, mengutip RRI.co.id, Sabtu (25/6/2022).

Selain di Riau, harga TBS sawit dari petani swadaya di Jambi juga mengalami penurunan signifikan. Tercatat per 21 Juni 2022, harga TBS sawit di PT.Muara Jambi Sawit Lestari menjadi Rp1.175.

Sementara itu, Sabarudin menyebut, alasan perusahaan tidak membeli TBS sawit dikarenakan adanya aksi unjuk rasa dari para petani sehingga mereka tidak bisa melakukan ekspor.

"Lalu banyak juga pabrik yang melakukan pembatasan penerimaan buah (sawit)," tutup Sabarudin.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])