Dokter: Hentikan Stigma Negatif Terhadap Orang Dengan HIV/AIDS

Nusantaratv.com - 06 Desember 2022

Ilustrasi - Cegah HIV/AIDS. (ANTARA)
Ilustrasi - Cegah HIV/AIDS. (ANTARA)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Dokter spesialis anak dari RSUP Persahabatan dr. M. Ramdhani Yassien, MMRS, Sp.A meminta masyarakat menghentikan stigma negatif terhadap orang dengan HIV/AIDS.

Pasalnya, menurut dia, HIV/AIDS tak melulu ditularkan oleh perilaku yang tidak baik seperti melakukan hubungan seksual dengan bergonta-ganti pasangan atau menggunakan narkoba suntik, tapi juga bisa karena transmisi vertikal dari ibu ke anak saat masa kehamilan maupun menyusui.

"Anak tidak tahu apa-apa. Siapa, sih, yang mau dilahirkan dengan HIV? Paling sering transmisi vertikal dari ibu ke anak, biasanya saat kehamilan. Pada kasus ini, kadang-kadang ibunya juga tidak tahu dia terinfeksi HIV," kata Ramdhani dalam acara bincang-bincang kesehatan yang digelar daring diikuti di Jakarta, Selasa.

Stigma negatif lainnya yang kerap muncul di masyarakat terhadap orang dengan HIV/AIDS, adalah HIV/AIDS dapat menular melalui berbagai kontak seperti bersentuhan dan menggunakan alat makan yang sama. Sehingga, kadang-kadang orang dengan HIV/AIDS malah dikucilkan.

Padahal, Ramdhani menjelaskan virus HIV tidak menular semudah itu. Hal ini karena virus tersebut hidup dalam darah serta cairan tubuh lainnya seperti sperma, cairan vagina dan air susu ibu, sehingga secara umum, penularan HIV terjadi melalui hubungan seksual dan penggunaan jarum suntik secara bergantian.

"Jadi tidak usah khawatir karena HIV tidak menular melalui kalau kita pakai toilet bergantian, itu tidak masalah selama kita bersihkan. Kemudian menggunakan alat makan dan minum bersama seperti piring atau sendok, tidak masalah," ujar Ramdhani.

Ia melanjutkan berbagai makanan atau minuman juga tidak akan menjadi jalur penularan HIV/AIDS. Begitu juga dengan bersalaman, selama tangan yang digunakan bersalaman tidak sedang luka.

"Salaman juga enggak apa-apa selama kulit tidak ada luka, kecuali kalau habis sama-sama jatuh di jalan, luka, berdarah, lalu salaman, itu bisa tertular," katanya.

"Jadi HIV/AIDS ini yang harus kita jauhi adalah penyakitnya, bukan orangnya," demikian Ramdhani Yassien.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])