Dear Netizen, Tampilan Baru Instagram yang Mirip TikTok Siap Diluncurkan

Nusantaratv.com - 18 Juni 2022

Tampilan baru Instagram yang mirip TikTok/ist
Tampilan baru Instagram yang mirip TikTok/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Untuk memanjakan para penggunanya, tampilan baru Instagram yang mirip TikTok siap diluncurkan. CEO Meta Mark Zuckerberg baru saja membagikan preview tampilan baru feed Instagram dengan layar penuh yang mirip seperti antarmuka TikTok. 

Tampilan baru ini sedang diuji coba dan akan tersedia untuk beberapa pengguna dalam waktu dekat.

Instagram sebenarnya sudah mulai menguji coba feed layar penuh bulan lalu, tapi uji coba terbaru ini membawa beberapa perubahan. Dalam uji coba sebelumnya postingan tidak benar-benar memenuhi semua bagian layar.

Namun dalam versi baru yang dibagikan oleh Zuckerberg di Instagram Story-nya memperlihatkan postingan video yang menutupi semua bagian layar hingga ke atas, mirip seperti video di feed TikTok, Sabtu (18/6/2022).

Selain itu, deskripsi postingan, serta tombol untuk meninggalkan komentar atau menyukai postingan juga masih di bagian bawah tapi dibuat menyatu dengan video. Di bagian atas masih terdapat logo Instagram, tombol DM dan Compose yang dibuat mengambang mengikuti konten yang ada di layar.

Bilah navigasi yang berisi tab untuk Explore, Reels, Shopping, dan Profile masih ditempatkan di bagian bawah layar. 

Baca juga: Gegara Netizen Indonesia, Anderson Paak Pakai Foto Pak Tarno di Profil Instagram

Juru bicara Meta mengatakan pihaknya sedang berencana untuk menguji coba jalan pintas untuk membuat postingan baru atau mengirimkan pesan.

Dijelaskan, saat feed layar penuh Instagram pertama kali diuji coba bulan lalu, banyak pengguna yang mengeluhkan tampilan konten foto yang jadi terlihat aneh di rasio 9:16. Untuk konten foto yang ukurannya tidak sesuai dengan feed, Instagram menambahkan gradien di bagian atas dan bawahnya agar terlihat menyatu dengan feed.

Menanggapi keluhan tersebut, Mark Zuckerberg mengatakan Meta sedang mencari cara untuk memperlihatkan konten foto dengan optimal di tampilan feed baru yang mengutamakan video ini.

"Foto masih menjadi bagian penting dari Instagram, dan kami sedang mencari cara untuk meningkatkan tampilannya di Feed layar penuh," kata Zuckerberg dalam Instagram Story-nya, mengutip detikcom.

Perubahan tampilan baru ini merupakan langkah terbaru Instagram untuk bersaing dengan TikTok. Sebelumnya, Zuckerberg dan petinggi Meta lainnya sudah mengumumkan bahwa fokus Instagram akan beralih ke Reels, yang merupakan fitur video pendek pesaing TikTok.

Sejalan dengan misi tersebut, pada tahun 2020, Instagram bahkan menggusur tombol Compose yang sebelumnya ada di bilah navigasi bagian tengah dan menggantikannya dengan tombol Reels. Selain itu, Instagram juga memiliki program monetisasi konten Reels untuk kreator.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])