Bunga Hanya 3%, Airlangga Ajak UMKM Manfaatkan KUR

Nusantaratv.com - 24 September 2021

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/ist
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/ist

Penulis: Ramses Manurung

Klaten, Nusantaratv.com-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak para pelaku usaha mikro , kecil dan menengah (UMKM) untuk memanfaatkan kredit usaha rakyat (KUR). Dengan bunga KUR yang hanya sebesar 3 persen, tentunya tidak akan memberatkan para pelaku UMKM. 

Ajakan itu disampaikan Airlangga saat berkunjung ke OASSE atau Omah Aneka Satwa dan Seni. OASSE merupakan hasil upaya 45 KK di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan mengubah bangunan bekas menjadi wahana wisata edukasi budaya, misalnya pembuatan gerabah, panahan, dan melukis. OASSE menjadi pilot project bagi dukuh-dukuh lainnya di Desa Sidowayah untuk memiliki wahana wisata masing-masing.

Pada kesempatan tersebut, Airlangga berdialog langsung dengan 12 pelaku usaha yang memamerkan produknya pada stand pameran UMKM. Produk yang dipamerkan antara lain produk batik, kerajinan tangan (untuk pajangan), snack, minuman, jam tangan kayu, dan lain-lain.

"Sudah bagaimana usahanya sekarang? Apa sudah menjadi debitur KUR? Sekarang mau pinjam KUR bunganya hanya 3%, karena yang 3% lagi disubsidi Pemerintah," ujar Menko Airlangga mengutip okezone, Jumat (24/9/2021).

Baca juga: Ketua DPR: Transformasi Digital UMKM Bantu Tingkatkan Perekonomian Rakyat

Airlangga mengapresiasi kemajuan pengusaha UMKM di daerah tersebut, karena hal ini menunjukkan kemandirian ekonomi dari masyarakat Desa Sidowayah. Bahkan ada salah satu wanita pengusaha batik yang berani mengambil KUR dengan plafon Rp200 juta dengan tenor 5 tahun.

“Penyaluran KUR diharapkan dapat berkontribusi bagi pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Menko Airlangga. Hal ini tak terlepas dari upaya Pemerintah melalui program KUR, di mana pencapaian realisasi KUR pada masa pandemi Covid-19 di 2020 tercatat sebesar Rp198,53 triliun atau lebih baik dibandingkan masa pra pandemi di 2019 yang sebesar Rp140,1 triliun. Bahkan pada tahun 2021 target penyaluran KUR telah ditingkatkan menjadi sebesar Rp285 triliun," ujar Airlangga.

Lebih lanjut Airlangga menjelaskan, dalam upaya mendukung UMKM agar bisa bangkit ditengah kondisi pandemi ini, Pemerintah juga telah melakukan berbagai upaya yakni dengan mengeluarkan relaksasi kebijakan KUR, antara lain peningkatan KUR tanpa agunan tambahan dari Rp50 juta menjadi Rp100 juta, tambahan subisidi bunga KUR sebesar 6% pada 2020 dan 3% pada 2021, penundaan pembayaran angsuran pokok KUR, perpanjangan jangka waktu dan penambahan limit KUR, serta relaksasi persyaratan administrasi.

"Jangan takut untuk mengambil KUR, karena sekarang Pemerintah menanggung bunganya 3% dari 6%, dan pinjaman ini juga sudah diasuransikan dengan Jamkrindo dan Askrindo, jadi bank tidak perlu khawatir kalau masih ada gagal bayar," jelas Airlangga.

Berdasarkan data, realisasi KUR di Kabupaten Klaten sejak Januari s.d. 22 September 2021 telah mencapai Rp1,3 triliun dan disalurkan kepada 36.161 debitur. Porsi penyaluran KUR di Kabupaten Klaten selama 2021 per sektor terbesar disalurkan pada sektor perdagangan (52,99%), disusul sektor industri pengolahan (17,55%), jasa-jasa (14,87%), dan sektor pertanian, perburuan dan kehutanan (13,35%).

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])