Bangga Indonesia! Ini Budaya-budaya Indonesia yang Sudah Mendunia

Nusantaratv.com - 13/05/2022 08:49

Kesenian Indonesia (montase)
Kesenian Indonesia (montase)

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Indonesia adalah negara yang terkenal akan pesona alamnya yang indah dan menakjubkan. Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki banyak sekali budaya dan adat istiadat yang unik dan menarik.

Beberapa budaya Indonesia juga sudah diakui oleh dunia dan sudah tercatat oleh UNESCO, bahkan tidak sedikit warga negara asing (WNA) yang tertarik dengan kekayaan budaya Indonesia dan tidak segan-segan mengeluarkan biaya untuk tinggal di Indonesia belajar budaya yang dikaguminya. Berikut ini adalah budaya Indonesia yang sudah terkenal di dunia yang dikutip dari beberapa sumber, Jumat (13/5/2022).

1. Wayang Kulit

Kesenian dari kulit kerbau yang berasal dari Jawa ini adalah salah satu dari jutaan kesenian budaya di Indonesia yang paling terkenal. Banyak turis mancanegara yang rela datang ke Indonesia untuk belajar tentang wayang.

Dalam pertunjukannya, wayang selalu mempunyai simbol dan filosofis yang begitu dalam. Pertunjukan wayang bahkan telah diakui oleh UNESCO pada 7 November 2003 sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan berharga.

2. Angklung

Alat musik bernada ganda ini berasal dari Jawa Barat. Bahan dasar yang digunakan adalah bambu. Angklung dimainkan dengan cara digetarkan, sehingga pipa-pipa bambu akan bergetar dan menghasilkan nada tertentu.

Selain berfungsi sebagai alat musik, angklung juga berfungsi sebagai salah satu alat dalam upacara adat untuk mengundang Dewi Sri atau dewi kemakmuran untuk turun ke bumi dan memberikan kesuburan pada padi. Angklung dinobatkan sebagai karya agung warisan budaya lisan dan nonbendawi manusia oleh UNESCO pada November 2010 dan telah menjadi salah satu budaya asli Indonesia yang mendunia.

3. Keris

Keris adalah senjata yang masuk dalam golongan belati dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan Indonesia bagian barat dan tengah. Bentuknya yang khas dan mudah dibedakan dengan senjata lainnya karena tidak simetris dari bagian pangkal ke bagian ujungnya.

Pada masa lalu, keris berfungsi sebagai senjata dalam duel sekaligus pelengkap sesaji dalam upacara adat. Dalam budaya Jawa, keris sering dikaitkan dengan hal mistik dan memiliki kekuatan tersendiri.

4. Batik

Banyak orang Indonesia memiliki dan pernah memakai baju batik baik dengan corak tradisional maupun modern dari berbagai daerah. Batik adalah kain bergambar yang memiliki proses pembuatan khusus, yaitu menorehkan malam atau lilin tradisional menggunakan canting di atas kain sebelum kemudian melewati proses pewarnaan yang juga alami.

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki motif atau corak batik khas, dan masing-masing memiliki filosofi. Batik telah mendapatkan penghargaan dari UNESCO pada 2 Oktober 2009 sebagai warisan budaya lisan dan nonbendawi manusia.

5. Tari Saman

Tari saman ialah ikon kebanggaan sekaligus kebudayaan Indonesia dari provinsi Aceh. Tarian ini berasal dari Suku Gayo dan telah dikenal oleh dunia. Hampir setiap sekolah di Indonesia memiliki kegiatan tari saman dan sering diikutsertakan dalam perlombaan nasional. Bahkan ajang-ajang olimpiade internasional juga sering menghadirkan tari saman.

Tari saman termasuk salah satu tarian yang unik karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan anggota tubuh bagian atas dan lutut, namun bisa menciptakan gerakan yang memesona. Kunci tarian ini terletak pada kekompakan gerakan para penari dengan tempo yang cepat. (dikutip dari celebrities.id)

6. Reog Ponorogo

Kesenian reog kesenian asli milik bangsa Indonesia ini berasal dari daerah Ponorogo di Jawa Timur. Asal-usul kesenian reog Ponorogo punya banyak versi. Ada yang mengaitkannya dengan kepercayaan animisme mengenai adanya roh penjaga dan pelindung suatu wilayah. Karena pada waktu itu Ponorogo masih hutan belantara, wujudnya adalah roh harimau. Masyarakat juga meyakini roh harimau mampu mengusir roh jahat atau menolak bala (mengusir wabah penyakit). Untuk mendatangkannya, mereka melakukan upacara adat dengan mengenakan topeng sambil menari. Di kemudian tradisi ini diabadikan dalam bentuk kesenian reog.

Versi lain menyebutkan kesenian reog muncul dari perang tanding antara dua pasukan Kerajaan Kediri dengan Kerajaan Bantarangin yang sekarang dikenal dengan kota Ponorogo. Perang tersebut terjadi karena raja dari Bantarangin ingin melamar putri Raja Kediri yang bernama Dewi Ragil Kuning yang berjuluk Putri Sanggalangit. Namun dua kerajaan ini akhirnya berdamai karena memiliki kekuatan yang sama.

Selanjutnya perang dua kerajaan tersebut dijadikan sebuah pertunjukan tarian bernama reog. Tariannya merupakan tarian perang antara Kerajaan Kediri dan Kerajaan Bantarangin yang bernama Ponorogo. 

Ada dua ragam bentuk reog Ponorogo yang dikenal saat ini, yakni Reog Obyog dan Reog Festival. Reog obyog, yang hidup di pedesaan, sering pentas di pelataran atau jalan tanpa mengikuti pakem tertentu. Biasanya mengisi acara hajatan, bersih desa, hingga pementasan semata untuk menghibur. Sedangkan Reog Festival sudah mengalami modifikasi dan ditampilkan sesuai pakem dalam acara tahunan Festival Reog yang diadakan Pemerintah Kota Ponorogo sejak 1997 (indonesiakaya.com).

Demikianlah beberapa kebudayaan Indonesia yang sudah mendunia yang berhasil memikat wisatawan asing untuk datang ke Indonesia. Tentu masih banyak lagi kebudayaan dan kesenian bangsa kita yang bisa kita tampilkan dan perkenalkan kepada dunia. Sebagai orang Indonesia kita wajib bangga dan turut memperahankannya karena aneka budaya ini menjadi kekayaan bangsa kita yang harus dijaga.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in