Apa Itu Siswa Eligible SNMPTN 2022?

Nusantaratv.com - 06/01/2022 12:13

Siswa pelajar (mamikos.com)
Siswa pelajar (mamikos.com)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Pendaftaran akun LTMPT untuk SNMPTN 2022 telah dimulai. Salah satu kriteria yang ditekankan kepada para siswa calon peserta tes SNMPTN 2022 adalah siswa tersebut harus bersifat eligible, sedangkan penetapannya dimulai pada tanggal 4 Januari – 8 Februari 2022. Lalu apa itu siswa eligible SNMPTN 2022?

Untuk tahu apa itu siswa eligible SNMPTN 2022, simak ulasannya di bawah ini.

Tes SNMPTN 2022 resmi dibuka, tes masuk perguruan tinggi tahun ini dibuka mulai 10 Januari sampai 15 Februari 2022 untuk registrasi siswa dan untuk sekolah mulai tanggal 4 Februari sampai 15 Februari. Tes SNMPTN 2022 dapat diikuti oleh sekolah manapun, dengan catatan sekolah tersebut sudah terdaftar pada Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Apa Itu Siswa Eligible SNMPTN 2022?

Menurut Cambridge Dictionary ‘eligible’ berarti memiliki kualitas yang dibutuhkan atau memenuhi kondisi/syarat yang diperlukan. Artinya siswa yang dikategorikan sebagai siswa eligible adalah yang memenuhi kriteria untuk mengikuti SNMPTN 2022.

Siswa Pelajar (adjar.grid.id)

Baca Juga: Biaya Kuliah di Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Termurah di Indonesia

Kriteria Siswa Eligible SNMPTN 2022

Menyadur pada laman resmi LTMPT, berikut adalah beberapa kriteria siswa eligible SNMPTN 2022 yang perlu anda ketahui:

1. Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2022 yang memiliki prestasi unggul.
2. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
3. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
4. Memiliki nilai rapor semester 1 hingga 5 yang telah diisikan di PDSS

Adapun hal lain yang perlu anda ketahui bahwa peserta SNMPTN 2022 yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Baca Juga: Biaya Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia

Cara Mengecek Siswa Eligible SNMPTN 2022 

Mengacu pada dokumen Panduan Penetapan Siswa Eligible tahun lalu, berikut tahapan yang dilakukan untuk melihat sistematika penetapan siswa eligible:

  • Login pada https://pdss.ltmpt.ac.id  menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal LTMPT.
  • Cek profil sekolah pada sidebar Profil yang berisikan Informasi Sekolah dan Kepala Sekolah.
  • Definisikan jenis kelas yang ada pada sekolah Anda pada menu Jurusan. Data jurusan ini diambil dari LTMPT, pastikan anda sudah memilih jenis kelas untuk setiap jurusan yang sudah didefinisikan.
  • Finalisasi data sekolah dan jurusan anda pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Sekolah”.
  • Tambahkan siswa Eligible pada sidebar Siswa. Anda bisa menambahkan satu-satu siswa per jurusan dengan mengisikan NISN. Data NISN ini didapatkan langsung dari portal LTMPT. Selain itu, anda juga bisa menambahkan siswa per jurusan dengan melakukan import data. 
  • Finalisasi data siswa pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Siswa”.

Demikian adalah ulasan tentang apa itu siswa eligible SNMPTN 2022 dan kriterianya, semoga dapat djadikan sebagai referensi bagi anda yang ingin mendaftarkan diri pada tes SNMPTN 2022.

Sumber: suara.com

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in