Air Rebusan Mie Instan Boleh Dikonsumsi atau Tidak Ya? Ini Faktanya

Nusantaratv.com - 14/06/2022 15:06

Mie Instant (doktersehat.com)
Mie Instant (doktersehat.com)

Penulis: Armansyah | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Selain dikenal dengan budaya yang beragam dan kekayaan alam yang luar biasa, Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara pembuat mie instan paling enak di dunia. Tak heran jika makanan yang satu ini mudah ditemukan di berbagai negara.

Mi instan adalah makanan berat yang murah dan mudah didapatkan di pasaran. Sepertinya hampir disetiap rumah memiliki stok makanan instan yang satu ini.

Fakta yang ada saat ini, Indonesia menjadi negara kedua konsumen mi instan terbesar kedua di dunia setelah China.

Dengan merek asli Indonesia, mie instan asli Tanah Air sudah bisa didapatkan di berbagai negara karena memang permintaan pembeli yang tinggi.

Tidak heran, mie instan buatan Indonesia dikenal sangat nikmat dan dapat diterima oleh banyak lidah.

Namun, patut disadari juga bahwa konsumsi mie instan tidak bisa dilakukan terlalu sering karena kandungan pengawet di dalamnya yang bisa berbahaya bagi tubuh, sehingga banyak orang yang sangat membatasi salah satu makanan enak ini.

Berbagai cara dilakukan untuk bisa membuat sajian mie instan menjadi lebih sehat, salah satunya adalah dengan membuang air rebusan mie instan dan menggunakan air baru ketika memasak mie instan rebus tersebut.

Cindiawaty Pudjiadi, seorang ahli gizi, mengatakan bahwa para ahli dan dokter gizi sepakat menyatakan bahwa air rebusan mi instan aman untuk dikonsumsi.

Menurutnya, kalau sampai tidak aman, Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM tidak akan mengeluarkan izin edarnya.

Selama BPOM tidak memberikan catatan khusus, maka makanan tersebut aman untuk dikonsumsi.

Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor, Profesor Hardiansyah, juga mengatakan bahwa air rebusan mie tidak perlu diganti.

Ia mengatakan ada beberapa vitamin dari mie instan yang larut dalam air rebusan tersebut.

Salah satu berita yang beredar adalah banyaknya tepung yang terkandung dalam air rebusan mie instan.

Profesor Hardin mengatakan bahwa tepung juga mengandung banyak vitamin dan asam folat yang berguna untuk tubuh.

Senada dengan Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor, Profesor Hardiansyah, Dokter Santi dari Medical Centre Kompas Gramedia menegaskan, justru air rebusan mie instan tersebut tidak dibuang dan turut dikonsumsi.

“Sebetulnya, di dalam air rebusan itu, kuah itu, malah terkandung vitamin yang luruh dari si mie-nya itu,” tegasnya memaparkan.

Pasalnya, pada saat memproduksi mie instan, pihak produser menambahkan vitamin di dalamnya sehingga vitamin tersebut yang luruh ke dalam air rebusan mie instan.

Ketika air rebusan dibuang dan digantikan dengan air yang baru, vitamin yang tersisa dalam mie malah tinggal sedikit karena luruh dalam air rebusan. 

“Ada kandungan-kandungan air dan mineral yang terlarut ketika proses perebusan si mie. Jadi kalau dibuang, berarti ada sebagian nutrisi yang terbuang, jadi tidak perlu khawatir,” sambung dr. Santi menegaskan.

Tak hanya itu, ketika mie instan sudah diracik sedemikian rupa dengan menambahkan ayam, daging sapi, atau sayur, maka di dalam air rebusan itu lah justru terkandung lebih banyak lagi vitamin dan nutrisi dari bahan tambahan tersebut.
 
Maka, air rebusan mie instan sebaiknya tidak dibuang dan digantikan dengan air yang baru dengan pertimbangan adanya vitamin yang larut di dalam air rebusan.

“Di dalam mie instan tidak pernah menggunakan lilin,” tegasnya sehingga air rebusan mie instan sama sekali tidak mengandung lilin. (dari berbagai sumber)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Tumis Sawi Putih campur wortel-1660394233
Es Goyobod-1660230577
Cimol Mozarella-1660138231
Rambutan goreng-1660136545